indonesian travel blogger

Travel Blogger’s Life – What People Think About You

Setelah beberapa bulan menjadi full-time food & travel blogger, makin banyak deh orang yang DM dan email untuk nanya-nanya atau sekedar ngobrol. Seru banget! Jadi merasa berguna, hahaha.

Tapi, diantara pertanyaan-pertanyaan itu, ada aja hal-hal aneh. Beberapa pertanyaan bisa bikin aku senyum-senyum terhibur sendiri. Beberapa bikin tepok-tepok jidat. Tapi banyak juga yang sukses sampe speechless, nggak tau harus jawab apa.

Udah lama sih aku pingin share tentang ini. Tapi aku tunggu sampe kejadiannya udah lumayan lama jadi sekarang kalo dibaca ulang malah jadi lucu😝

sharon loh blogger
Taken by @kecukk

#1 – People Think You’re Their Personal Trip Planner

Hi, saya mau ke kota X nih bulan depan. Enaknya tinggal dimana ya? Kemana aja dan makan apa aja? Terus disana ngapain aja?

Wow, that’s too many questions asked at the same time.

Memang sih, kalau dilihat dari social media dan blog, travel blogger itu sering jalan-jalan (yah namanya juga travel blogger, they write about their travel experience). Jadi mungkin si blogger tau lebih banyak tentang tempat yang ingin kamu kunjungi. Tapi bukan berarti kamu bisa tiba-tiba nanya seribu pertanyaan dan mengharapkan jawaban secepatnya karena kamu udah mau berangkat.

sharon loh travel blog
Let’s go travel somewhere!

Tapi coba deh, kalian cek dulu blognya, si blogger udah pernah nulis tentang tempat yang ingin kamu kunjungi belum? Kalau belum, coba deh cek di Instagram nya. Di kota yang ingin kamu kunjungi, dia udah kemana aja? Scroll terus dan jangan malas baca caption-nya. Karena kalo kamu pun males baca caption, si blogger lebih males lagi jawab pertanyaanmu yang panjang seabrek-abrek #justsaying

Kalau stalking Instagram dirasa kurang memuaskan, coba deh googling dulu tentang tempat yang ingin kamu kunjungi. Banyak loh blogger di dunia ini. Masak sih, di antara semua blog orang-orang itu, kamu nggak nemu jawaban atas keresahanmu? 😅😛

sharon loh indonesian travel blogger
Taken by @fredricsanjaya
indonesian travel blogger
Taken by @patrishiela

Nah, kalau emang belum nemu juga, baru deh kamu nanya ke si blogger.

Tapi kebayang nggak, setelah kamu melakukan segala riset di internet itu, pasti pertanyaanmu kepada si blogger itu akan sangat spesifik banget kan. Bukan pertanyaan yang tipenya “aku nggak tau apa2 nih, cepet kasih tau aku harus ngapain?”. Karena jujur, pertanyaan seperti itu lah yang paling bikin males. Jawabnya aja udah seperti bikin satu draft artikel sendiri, hihi 😛

In short, bloggers are not your personal trip planner. They are just someone who share their past experience through their blog. So you better read it before you ask. Jangan diterror gitu dong ah~

#2 – People Think You’re a Visa Agent

Tau nggak, karena aku pernah nulis tentang Drama Visa Australia Ditolak dan tentang Work and Holiday Visa Australia, banyak banget yang email atau DM aku nanya tentang visa!

Mulai dari pertanyaan standar seperti :

Visa aku ditolak nih kak dengan alasan blablabla, menurut kak Sharon aku harus gimana?

Sampe pertanyaan aneh seperti :

Kira-kira kalau aku apply Work and Holiday Visa bulan Desember 2017, visa application ku bakal diproses nggak yah?

sharon loh fredric sanjaya travel blogger
Taken by Adam @pergidulu

Gini yah, teman-teman. Just because I share about my experience, doesn’t mean I know EVERYTHING about the Australian visa system. Kadang ada kok pertanyaan2 yang minta saran / pendapat – and this kind of questions are perfectly fine to me. Tapi aku jawab sepengetahuanku saja – dan nggak menjamin visa pasti granted setelah itu.

Tapi nggak sedikit orang nanya seolah2 aku ini people-in-charged. Seolah-olah aku tau semua hal tentang visa Australia. Malah kadang ada yang minta dibikinin contoh surat supaya mereka gampang apply visa-nya.

*geleng-geleng kepala*

Saran aku, banyak-banyak browsing deh. Dan kalau ragu, kalian bisa kok email langsung ke VFS Global – mereka ini agen resmi embassy Australia yang tugasnya mengurus visa. Email kalian pasti dijawab kok (biasanya sih gitu), bahkan kalian bisa telepon juga kalau ragu. Jangan nanya “Kak nomor telepon VFS Global berapa?” ya, googling sendiri!😂

indonesian travel blogger
Piknik di taman kota

#3 – People Think You Know The Cheapest Hotel in a City

Pernah nih, ada yang nanya aku tentang penginapan yang murah di Bali. Minta dicariin penginapan yang murah di daerah Legian.

Aku nggak tau dong, karena waktu di Bali kemarin, aku nginep nya di Akila Stay. Nggak mungkin juga aku explore semua penginapan yang ada. Dan toh, selera orang untuk sebuah penginapan itu beda-beda. Ada yang pingin pokoknya semurah2nya, ada yang pingin ada AC nya, ada yang pingin deket dengan tempat makan. Beda2 deh pasti preferensinya.

cari hotel paling murah traveloka

Jadi aku saranin deh ke dia, mending nyari penginapan di Traveloka aja. Karena bisa di urutkan (sort) berdasarkan harga jadi bisa dipilih sesuai budget yang dimiliki. Selain itu, kita juga bisa baca review orang dan liat foto-foto hotelnya jadi bisa pilih sesuai selera juga.

Terus yang aku suka lagi dari Traveloka adalah fitur Best Price Guarantee-nya.

Jadi intinya, kalau kita udah booking Tiket / Hotel melalui Traveloka, dan tiba-tiba kita nemu tiket / hotel di tempat lain yang lebih murah (dengan tiket / hotel di tempat dan tanggal yang sama), kita bisa Claim ke Traveloka dan nanti Traveloka akan memberikan kita voucher diskon hingga Rp 200.000.

traveloka blog best price guarantee
Taken by @misbahullum

Caranya tinggal kirim screenshot harga dari website lain aja. Nggak perlu booking lagi kok di website lain. Tapi syaratnya, kamu harus melakukan claim selama maksimal 1 jam setelah e-ticket / hotel voucher nya udah terbit yah. Nggak fair dong ya, kalo kamu bisa claim satu minggu setelahnya.

Ini nih, biar nggak bingung, aku kasih tau cara claim nya, yah.

1 – Login ke website traveloka.com

2 – Klik My Account > Best Price Guarantee

Best Price Guarantee traveloka
Best Price Guarantee
Best Price Guarantee Traveloka
Best Price Guarantee

3 – Klik “Submit Claim” dan pilih reservasi yang ingin kamu claim.

Best Price Guarantee Traveloka
Submit Claim

4 – Isi form Best Price Guarantee

Dan, selesai deh!

Untuk baca terms & condition claim lebih lanjut, coba deh baca Best Price Guarantee Terms and Conditions.

Kalo udah ada fitur Best Price Guarantee gini, makin yakin deh kalo kita bisa mendapatkan harga yang paling murah melalui Traveloka.

Jadi jangan nanya ke aku lagi yaaah kalo mau nyari penginapan yang murah. Nanya ke Traveloka aja langsung. Soalnya aku juga nyari nya disana! 😉

sharon loh
Taken by @patrishiela

Next, pasti banyak nih yang diginiin.

#4 – People Think That Your Money is Unlimited

Kok jalan-jalan terus sih, duitnya darimana?

Para travel blogger pasti banyak yang dapat pertanyaan seperti ini.

Sama dengan food blogger yang sering dapet pertanyaan :

Kamu kok makan terus tapi ga gendut2 sih, enak banget!

travel blogger indonesia

In my case, as a food & travel blogger, I often got the two weird ‘questions’.

Tapi aku suka merasa aneh aja. Kenapa kalo cewe-cewe sosialita shopping terus, nggak ditanya duitnya datang darimana. It’s the same thing, loh.

Semua orang pasti kerja kan. Dan duit yang dia peroleh, digunakan untuk keperluan dan hobi masing- masing. Ada yang untuk cicil rumah, ada yang untuk beli mobil, beli keperluan anak, untuk shopping, dan ada juga yang untuk traveling. Macem-macem, tergantung kebutuhan dan lifestyle masing-masing orang.

Dan seperti orang-orang pada umumnya, travel blogger juga kerja. Entah dengan blogging, entah punya bisnis travel tour, ntah jualan online, atau dengan pekerjaan lainnya, who knows? 😉

merapi lava tour
Taken by @patrishiela

#5 – People Think You’re a Weather Forecast

Yang terakhir nih yang aneh banget. Adikku juga beberapa kali diginiin soalnya, secara dia pramugari.

Sharon, bulan lalu baru ke negara X ya? Aku bulan depan mau kesana nih. Dingin nggak ya kira- kira? Aku bingung mau bawa baju yang seperti apa

Coba aku harus jawab apa? Hihihi. Bulan depan belom tentu udaranya sama loh. Jadi mending browsing aja dulu bulan depan berapa derajat. Dan jangan lupa juga browsing orang-orang pada bawa apa aja sih kalo lagi di musim itu?

sharon loh

⁘ ⁘ ⁘

BONUS!

Selain itu, masih banyak banget loh pertanyaan2 lain! Banyak yang aku lupa juga sih karena aku ga screenshot, tapi ini ada beberapa yang aku masih inget banget.

  • Waktu aku Insta Story lagi nyantai sambil minum teh Rosella di tepi pantai Nusa Penida, ada yang nanya : “Kok pasirnya gitu, hitam?
  • Waktu aku masih jualan cake di @bakemorecakes, ada yang nanya : “Diameter 18cm itu semana yah? Soalnya kalo aku ukur pake penggaris kok kayaknya kecil. Ada patokan lain ga?
  • Kalo honeymoon ke Thailand, biaya nya berapa ya?” – Ya, tergantung mau ke kota apa, berapa hari, mau naik pesawat apa, tinggal di hotel yang seperti apa, dan gaya traveling mu gimana?
  • Waktu aku Insta Story penginapan sederhana di Nusa Penida : “Di luar kok gelap, ga ada lampu?
  • Kak, boleh minta nomor Whatsapp? Aku mau nanya-nanya tentang Chiang Mai” – Erm, I don’t give my number to strangers. Boleh sih nanya2 via DM IG aja yaa.
  • Waktu aku lagi jemur baju saat road trip di Australia : “Itu bajunya berarti nggak disetrika???” (Namanya juga lagi roadtrip, boro-boro setrika. Ketemu shower aja syukur).
  • Ada yang baca blog ku tentang Daniel Wellington, dan komen di Path : “Kak aku minat nih mau beli, ada nomor WA ga?
Taken by @patrishiela

⁘ ⁘ ⁘

Hihihi. That’s all for now!

Btw just because I write about all those things, doesn’t mean I hate receiving questions. No, I don’t! In fact, I’m quite happy when some of you ask me some random questions!

Hanya saja, ada beberapa pertanyaan yang diluar kapasitasku untuk menjawab – pertanyaan2 ini lah yang bikin speechless, ga tau mau jawab apa, serius deh. Haha. Tapi semoga kalian terhibur ya 😂

Until the next story!

⁘ ⁘ ⁘

sharonloh

Iklan

34 pemikiran pada “Travel Blogger’s Life – What People Think About You

  1. Buahaahhahaha. No 1-4 related bgt! apalagi yg visa tuh, sampai saya harus menuntun bgt. Padahal bisa aja kebijakannya sudah berubah.
    anyway, yg nanya duitnya darimana tp nggak nanya sosialita, kemungkinan masih berpikir jalan-jalan is a luxury thing. Gak tau aja dia kalau jalan-jalan juga bisa ala gembelita.

    1. Hahahaha puk puk!! Dan.. toss!! 😂
      Dan ga enaknya, takutnya tar udah dituntun, eh visa dia ditolak.

      Oh iya bener! Karena emang keliatan enak2nya aja sih. Sisi gembelita nya ga keliatan 😂

  2. Kak, di Australia kemana aja?? tempat yg recommended apa ya?? terus makanan indonesia gitu gampang dijumpai gak? gk bisa lepas dari nasgor nih.. Lalu ini gimana kak? itu gimana kak?? duh banyak ya kak pertanyaanku?? eh satu lagi deh kak.. udah makan belum? kalau belum yuk makan bareng 😀 😀

    Ahahaha..

    Salam kenal
    -Traveler Paruh Waktu

  3. hahaha.. kocakk.. sama bangett shar! aku juga, dulu, pas nge blog soal apply visa schengen di singapore. langsung brasa agent VFS. banyak email berdatangann.. paling parahh adalah, ketika aku tulis experience aku sekolah bahasa di Taipei. masa ada yg minta tolong di apply-in.. Parah ga sii?? hahaha..

    1. Hahahaha iya, Jen. Langsung berasa agent VFS bener deh, parah haha.
      Kemarin jg ada tuh org nge-email nanya WHV karena anaknya mau daftar. (ANAKNYA LOH…..).

      Eh gila sampe minta tolong di apply-in! 😱 Hahaha aku belom pernah sih dapet email yang sampe segitunya. Jangan sampe deh 😂

  4. So silly, tapi memang ya banyak travel blogger yang cerita kayak gitu.. seolah travel blogger itu mahatau soal destinasi yang kita tuju.

    Soal hotel yang murah? Lah iya ada traveloka, ngapain masih repot gitu shay. hehehehe.
    TFS ya Sharon, salam kenal 🙂

    1. Iya bangetttt! Padahal ya sama aja dengan orang2 lainnya. Cuma emang lebih di-expose aja karena main sosmed dan blog kan 😉 Hahaha.

      Betul ituuu. Kalo ditanya orang tua pun, aku selalu cek Traveloka dulu. Mana hapal shayy hotel sebanyak itu hihi

      Salam kenal Dita!!

  5. Kebayang sih rempong ngejawabin pertanyaan aneh begitu. Jangankan kamu yg full time travel blogger, lah aku yg cm nulis krn hobi jalan dan makan, suka dpt pertanyaan aneh. Yg masih fresh, ada anak kirim email minta itinerary pas aku ke jepang kemarin. Aku kirim dong.. Trs dia bls lagi,

    “kak, bisa ga budgetnya dikurangin aja, soalnya budget yg kaka tulis, kemahalan di aku. Trs makan2 nya yg murah di mana. Kaka bnyk makan di resto, ga sesuai aku”

    Haapppaaahhh??? Lah kenapa aku yg disuruh ganti wkwkwkwkw.. Udah mending aku mau share itu itinerary. Kalo emg ga cocok, ya ganti aja sendiri. Dikira aku tau apa kesukaan dia kali hahaha.. Untung ga ketemu langsung -_-

  6. Agen penginapan? Hahaha kayaknya bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan.
    Kenapa ya orang orang itu males banget cari sendiri? Padahal udah di tunjang smartphone atau perangkat lainya. Tapi tetep aja masih bingung.

    Atau jangan jangan mereka ga ada kuota untuk searching di internet wkwkwkwkw

  7. hahaha… macem macem juga pertanyaannya. Aku pernah nulis tentang tempat wisata, eh ada yang email, tanya apakah ada lowongan pekerjaan di tempat tersebut… yaaa meneketehe… aku kan juga cuma pengunjung wkwkwk

  8. Blog saya lebih ke parenting and lifestyle tapi suka ada kasus yang sama, org nanya2 ttg artikel saya dikiranya saya ahli hal2 tertentu, terutama ngurus baby, pdhl ya itu based on experience-ku sendiri hehe. Tapi, kalau ada yg nanya dan pas lagi bisa balas saya jawab aja hehe. Kadang suka ada yang ajaib dan nanya2. Tiba2 ada yg kontak via WA gk tau dapat dr siapa, eh ternyata dulu pernah nyantumin huhuhu. Trus suka kepikiran abis itu “Ooo berarti ada org yg emang baca blogku dan butuh artikel itu, jd nulisnya gak boleh ngasal nih, dll” hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s