tips travel murah ke bali

#TravelTerus ke Bali (Tips Untuk Traveling Jangka Panjang)

Saatnya aku cerita sedikit tentang #HoneymonJilidTiga. Kalau kalian belum tahu, aku dan Fred menikah Februari 2017 kemarin. Setelah itu, kami honeymoon untuk merayakan pernikahan. Honeymoon pertama, kami road trip dari Jakarta, Bandung, dan lalu berakhir di Yogyakarta. Honeymoon kedua, kami road trip di Australia dari Darwin ke Sydney. Honeymoon ketiga, kami memutuskan untuk ke Bali. Masing-masing trip honeymoon itu aku lakukan kurang lebih satu bulan lamanya, termasuk yang ke Bali ini.

Loh kok bisa?

Baca terus yuk!

travel blogger di bali

travel terus traveloka
#TravelTerus!

Sebenarnya, banyak sih tips and trick supaya bisa traveling jangka panjang. Tapi, syarat pertama tentu saja kalian harus punya pekerjaan yang fleksibel, bisa di bawa ke mana saja. Misalnya, kalau Fred jualan online dan aku blogging, kami berdua nggak harus menetap di suatu tempat tertentu.

Ada lagi kok kerjaan lain yang memungkinkan untuk #TravelTerus, seperti programmer, designer, make up artist,Β photographer,Β pekerjaan yang berhubungan dengan social media, banyak!

tips traveling jangka panjang sharonlohh

Kalau syarat pertama sudah terpenuhi, tips yang aku bakal share kali ini pasti berguna πŸ˜‰

1 – Cari Penginapan Bulanan

Selama di Bali, kami menginap di homestay yang menawarkan rate bulanan. Tentu jauh lebih murah dibanding menginap di hotel yang per hari nya sudah ratusan ribu, bahkan jutaan.

akila stay bulanan bali
Our room at Akila Stay

Kami sendiri menginap di Akila Stay, Denpasar (kurang lebih Rp 2,1juta / bulan). Memang sih, agak jauh kalau mau main ke area wisata. Tapi, di Denpasar banyak makanan murah dan enak! Selain itu, homestay kami itu nyaman banget karena baru direnovasi sekitar tahun lalu (katanya).

Kalau mau lebih murah lagi, banyak juga kos-kosan di Bali yang murah. Tinggal pilih saja mana yang cocok dengan budget dan selera.

2 – Sewa Motor Bulanan di Bali

Karena penginapan di homestay / kos sebulan lebih murah dibanding di hotel, jadi otomatis kita bisa tinggal sebulan nih di Bali. Nah selanjutnya, sewa motor! Tempat penyewaan motor di Bali itu banyak banget. Mayoritas penyewa motor menawarkan harga bulanan.

sewa motor bulanan di bali
Sewa Motor Bulanan di Bali

Kami sendiri sewa di BaliBikeHouseΒ dengan rate kurang lebih Rp 800.000 / bulan. Biaya bahan bakar pun akan jauh lebih murah kalau kalian sewa motor dibanding sewa mobil.

sewa motor murah bali

3 – Kumpulin Loyalty Point di Traveloka

Next! Banyak yang belum tau nih kayaknya.

Just info, aku dan Fred selalu pesan tiket pesawat / hotel di Traveloka. Karena dengan memesan di sana, kita otomatis bakal dapat Loyalty Points yang bisa dikumpulkan untuk ditukar dengan tiket pesawat / hotel lagi! Ini yang bikin aku sesetia itu pakai aplikasinya.

Untuk mendapatkan poin setiap transaksi, tentu kamu harus terlebih dulu punya akun di aplikasi Traveloka, kayak aku dan Fred. Kalau sudah, tinggal gunakan saja aplikasinya untuk pesan tiket maupun pesawat untuk mendapatkan sejumlah poin. Aku dan Fred biasanya nggak sering memantau poin, biar nanti jadi kejutan saja tiba-tiba dicek sudah banyak!

tutorial loyalty point traveloka
Setelah login, click “My Account”

Ada nih temanku, Kak Karin, dia sering banget pesan via Traveloka, SERING BANGET. Tapi, waktu aku kasih tahu tentang Traveloka Poin, dia baru sadar kalau selama ini pesan di Traveloka itu pakai β€œguest” account, jadi nggak kekumpul deh poinnya. Sayang banget, kan!

Nah, aku cerita begini biar kalian nggak sampai kayak Kak Karin. Nyesek!

cara kumpulin traveloka point
Moment ternyesek!

Yang sudah punya akun Traveloka, coba di cek deh Loyalty Points sudah ada berapa? Jangan-jangan sudah bisa dipakai untuk beli tiket lagi! Hihihi.

loyalty point traveloka cara redeem
Coba cek Loyalty Point kalian deh

Nah, kalau poin Traveloka kalian sudah cukup, cara tukarnya juga gampang. Tinggal cari saja jadwal penerbangan / hotel yang kalian mau, isi data diri, pilih metode pembayaran, terus klik β€œRedeem”.

Tutorial redeem loyalty poin traveloka

 

tutorial redeem poin traveloka
Click Redeem
tutorial redeem poin traveloka
Tadaa! Selesai deh.

Gara-gara ada Loyalty Points, aku jadi sering menawarkan β€œbantuan” kalau diminta bantuan orang tua / teman untuk pesan tiket pesawat maupun hotel. Lumayan ngumpulin poin biar bisa jalan-jalan terus. Semacam β€œada udang di balik batu” gitu, ya. Hihihi.

4 – Makan di Tempat Makan Lokal

Tips selanjutnya, MAKAN!

Dulu, aku pikir makan di Bali itu pasti mahal banget karena ditujukan untuk turis luar. Kafe-kafe dan restoran dengan menu hidangan luar negeri kadang bikin kantong bolong. Apalagi, kafe di daerah ramai seperti Seminyak yang banyak beach club-nya.

Karena mau hemat, selama satu bulan di Bali kali ini, aku dan Fred mencoba untuk mencari tempat makan lokal yang enak dan murah, kecuali kalau diajakin teman ke kafe atau resto.

Ternyata, banyak juga loh tempat makan enak & murah di Bali!

Ini beberapa makanan favorit aku yang aku cobain seminggu kemarin:

Sate Plecing Arjuna
Sate Plecing Arjuna
babi guling murah enak bali
Babi Guling Sariastri
Nasi Ayam Bu Mangku
Nasi Ayam Bu Mangku
snack sore pisang goreng kresna veteran bali
Snack sore : Pisang Goreng Kresna
ayam sambal mbee bali
Ayam Sambal Mbee di Tiara Dewata
Sate Plecing Luk Luk enak bali
Sate Plecing Luk Luk
babi guling enak bali
Babi Guling Bu Ella
makanan enak bali murah
Warung Gurih Gurih

Kalian punya rekomendasi tempat makan enak lainnya? Masih ada 3 minggu nih waktu kami di Bali! Hihihi.

5 – Refreshing di Pantai Sepi dan Gratis

Selanjutnya, pantai! Di Bali, memang banyak banget pantai. Tapi, nggak sedikit pantai yang sudah komersial, jadi harus bayar dulu sebelum masuk ke beach club / resortnya untuk bisa menikmati pantai itu. Saking populernya, banyak pantai yang jadi nggak nyaman karena dipenuhi pengunjung.

pantai nyang nyang beach bali
Santai di Nyang Nyang Beach

Aku dan Fred itu tipe orang yang nggak suka musik jedag jedug. Kami lebih cocok di Sanur yang isinya orang tua dan musik-musik tenang dibanding Seminyak / Kuta yang banyak anak mudanya.

Nah, untuk pantai pun begitu. Kami suka tempat yang tenang, sepi, dan gratis supaya bisa #TravelTerus.

Pantai favorit kami sejauh ini adalah Nyang-Nyang Beach. Memang sih agak susah untuk menuju ke pantai ini karena kita harus jalan menuruni bukit karang yang lumayan curam dan licin. Hati-hati yah kalau mau ke sini!

Santai di Nyang Nyang Beach
Santai di Nyang Nyang Beach

Di bawah sini, kemarin kami menemukan warung yang jual makanan dan minuman dengan harga yang super normal! Kopi yang kami pesan cuma Rp 10.000 / gelas. Sambil menikmati kopi, kami sudah bisa nyantai di tikar yang disediakan ibu warung.

Happy banget! Semoga tempat ini terus terjaga dan nggak jadi komersial, yah. Apalagi kalau jadi kotor, sedih banget rasanya.

nyang nyang kelapa muda
Di warung lain (masih di Nyang Nyang Beach) : Kelapa Muda 20ribu
pantai gunung payung bali
Pantai Gunung Payung
Pantai Tegal Wangi bali
Pantai Tegal Wangi
pantai balangan bali
Pantai Balangan

Selain pantai, aku juga baru aja main ke Ubud! Dan disana kami menemukan cafe yang asik di pinggir sawah tapi ga terlalu rame. Tempat masuknya juga agak tersembunyi. Walaupun “hidden”, tapi this place is not a secret. Nama cafe yang kami kunjungi Pomegranate. Asik deh.

kopi di pinggir sawah ubud
Ngopi di Ubud (Rp 15.000 di Cafe Pomegranate)

Eh, kalian punya rekomendasi tempat yang sepi & asik di Bali? Share dong!

6 – Cari Teman untuk #TravelTerus

Tips penting lain untuk bisa #TravelTerus menurut aku itu adalah dengan mencari teman travel seperti yang aku dan Fred lakukan. Kalau kami traveling berdua, pasti akan lebih hemat karena untuk penginapan dan transportasi (sewa motor), kami bisa sharing cost. Dan tentunya, perjalanan akan lebih asyik kalau ada teman untuk bercerita πŸ˜‰

teman travel terus
Fred and Sharon

7 – Nabung

Nggak bisa dipungkiri, traveling itu butuh biaya yang lumayan. Jadi NABUNG itu penting banget! Jangan boros liat barang lucu dikit, langsung beli. Lihat teman foto di kafe apa, langsung ikutan. Mulai sekarang, coba kalian prioritaskan kebutuhan dan jangan kemakan gengsi. Hehe.Β 

* * *

sharon loh travel blogger

Well, sekian tips #TravelTerus dari aku! Semoga berguna, ya!

Next, aku bakalan cerita lebih lengkap lagi tentang makanan murah di Bali & tempat-tempat asyik tapi sepi di Bali. Kenapa nggak sekarang? Ya kan aku dan Fred belum selesai jejah semua tempatnya! Hehehe.Β Baru aja seminggu di Bali πŸ™‚ Β Give me some more time to explore more, yaaa.

See ya!

Cheers,

Sharon Loh
Instagram : @sharonlohh

Iklan

42 pemikiran pada “#TravelTerus ke Bali (Tips Untuk Traveling Jangka Panjang)

  1. Baru tau juga ttg Loyalty Points itu.. barusan aku cek punyaku baru 313 (worth Rp.31.300) πŸ˜† Ngumpulin lagi dulu deh berarti hehe πŸ˜„

    Btw, kalo daerah Jimbaran, aku mau recommend lagi tmpt makan murah dan enak (banget) yaitu:
    – Nasi Ayam Bu Oki
    – Waroeng Kampoeng
    – Warung Makan Campur-Campur Bu Widya (a.k.a. Warung STOP! MAKAN YUK!)
    – Mak Jo

    1. Hehehehe πŸ˜† Tandanya disuruh jalan-jalan dulu nih biar poinnya banyak :p

      Waaa maacih! Kemaren2 pas lewat daerah Jimbaran aku ngeliat tuh warung STOP! MAKAN YUK!
      Kirain yang scam gitu loh!! Ternyata recommended yaaa hihihi.

      Next time cobain ah.

      Tapi tetep warung mami dulu weekend ini sis! Yay can’t wait

  2. Shar kalau mau tempat sepi mungkin bisa explore ke Amed&Tulamben, agak jauh sih bisa naik motor sekitar 6-7jam (tepos2 deh tu pantat). Disana terkenal sebagai diving site tapi kalo ga mau diving juga bisa. Coba aja cari homestay yg ngadep ke laut. Gw kesana taun 2009/2010 sih masih sepi ya, kalo malem tuh ga ada lampu jadi kalo naik motor kudu nyalain lampu jauh tapi plusnya nih banyak kunang-kunang (ga tau skrg masi ga tuh kunang2nya). Terus dulu pas gw kesana org2nya masih tradisional banget ya terutama yg di kampungnya, yg cewek gak pake baju cuma pake kutang/bh nenek2 (ga tau kalo skrg) terus yg cowok2 suka mandi di parit tepo sawah. Terus perjalanan ke Amed kudu coba sate tuna, gw lupa sebelahnya mananya seinget gw pinggir jalan mau ke arah Amed yg paling rame deh.

    1. Lidya!!!

      Iyaaaa aku pingin banget euy ke Amed! (Kalo Tulamben belom pernah denger, browsing ah! yayy). Tapi ya itu, jauh yah! Hahahaha. aku naik motor 1 jam aja udah tepos dan sakit banget pantatnya hahahahaa.

      Katanya di Amed bgs utk diving / snorkeling, jadi aku pingin *walaupun gak bisa sih, tp penasaran aja*

      Wahhh seru banget msh tradisional gitu. Jadi makin penasaran, Lid. Thanks info nya ya!

      1. Aku uda pernah ke amed th 2016 emang masih ga ada lampu jalannya..dah aspal cm sempit jalannya..kanan tebing kiri jurang lgs laut! Pas kesana sewa mobil.. lmyan deg2an lewati jalannya! Snorkling dsana asik..pantai ny bukan berpasir tapi ber batu hitam..jd air ny jernih bgt! Nginep ny kl bisa di daerah agak nanjak..soalnya sinyal ilang timbul..dulu aku nginep di bluemoon ..agak mahal 700rb per malam.cm sinyal kuat krn pas tanjakan hotel ny.. cobain maen kesana shar.. btw aku jg org jambi hahahaha..

  3. akur ama yg komen di atas, kl mau lamaan dan tujuannya liburan emang enak yg jauh di pinggiran sih kayak Tulamben gitu (while my fave is in Bali Barat ) , msh byk sewa2an yg murmer tp view nya ok dan lbh Bali banget drpd reramean Denpasar , tp tentunya balik lagi ke tipe masing2 org ya hehehe

    1. Wuih karena udah dua orang yang mention jadi makin penasaran. Jujur, aku belom pernah ke Bali utara / timur / barat gitu kak, mainnya di bawah2 aja >,<

      *ajak Fred extend bulan kedua ah :p

  4. Banyakan pantai ya, sawahnya cuma 1 sedih banget bali cuma ada segitu hehhehe….. Wah mantap tips dan referensinya nih, informatif untuk yanh mau liburan kususnya jangka panjang. Homestay memang merupakan solusi jangka panjang yang pengen jalan di bali sampai bulanan. Dengan harga 2,1 jt itu sudah termasuk lumayan banyak pilihanya dan sebenarnya masih bisa di balik jadi 1,2 jt. Untuk bulanan harganya relatif sih tergantung motornya, tapi buat yang budget sampe angka 600rb/bulan nih bisa coba pake si ilham+62 852-7852-7205 , spesial sewa motor bulanan di bali ada lebih 20 unit dan untuk ketersediaan mesti buking jauh hari dulu biar bisa dapat kepastian.

    Traveloka loyalty, sering lihat ada iming2 poin gt. Gatau kalo bisa ditukerin gitu. Nice sharelah, buru-buru cek nih, kali udah bisa dpt gratisan.

    Kayanya rajin exist, coba pantai pura geger. Cuma hanya bisa dikunjungi pas air surut. Kalo mw aman pantai pertamina dan pantai jerman buat lihat sunset sambil maen-maen air kecil

  5. wahh anak traveloka point juga *toss
    asik banget long stay di bali, aku rencana mau ke bali juga akhir tahun tapi cuma 4 hari 😦
    udah ke water blow belum? katanya seru tuh. lovina jugaaa, bisa lihat dolphin πŸ˜€

    ditunggu cerita tempat-tempat serunya sharooon, bisa nih jadi guide buat liburan nanti

    1. Wakakakaka TOSS!

      Belooom ke water blow nih. Hehehe.
      Oh iya pingn juga ke Lovina.

      Btw kemaren aku snorkeling di Nusa Penida, ada dolphin!!! Seneng banget 😭❀️

      Siap! Hihi next aku bakal tulis tentang Nusa Lembongan, Ceningan, dan Penida πŸ™‚ Ditunggu ya Shafira!

  6. Kak Sharon kamu pake kamera apa? aku suka banget serius. Mau belikkkk jadinya.

    Kalo traveloka poinku masih 500. tanda kurang piknik~

    Share dong kak tentang cam yg dipake di artikel ini!!!! Makasiii

    1. Hihihi makasih! 😍
      Aku pake Sony Nex 7 sama iphone 7.
      Eh aku pernah tulis loh artikel tentang kamera, coba cari yang judul nya β€œKak, Pake Kamera Apa?” Hihihi semoga membantu!

      Ayoooo piknik πŸ˜†πŸ˜†πŸ’–

  7. Asyik sekali Sharon! Wah aku jadi pengen #TravelTerus . Syarat pertama kerjaan udah dapet, sayang belom bisa remote sistem kantornya huhu. Terus aku kepikiran nih jadi tukang mesenin tiket di traveloka haha. Lumayan point-nya! Nice share

  8. Hi Sharon! Aku udah lama banget nggak main ke blog kamu, tau-tau kamu udah nikah! Congratulation by the way, ya! πŸ˜€

    Gilaaa liat foto babi guling perut langsung bergejolak *padahal ini ngetiknya sambil ngemil*

  9. Halo kak Sharon,

    Makasih banget buat sharingnya ya! Aku bener-bener engga kepikiran bisa sewa kost atau motor bulanan gitu.
    Semoga bisa nyusul kakak travel terus dan bisa dapetin pasangan yang sama-sama suka travel >.<

    Keep sharing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s