tips mengemudi di australia

Tips Mengemudi di Australia

This is a special post, written by Fred and me! Yay! Fred tulis poin-poin pentingnya, dan aku menyusun semuanya supaya enak dibaca. Plus nambahin bumbu-bumbu πŸ˜›

Waktu awal-awal kami mulai roadtrip di Australia, ada beberapa teman yang DM nanyain.

Emang bisa yah orang Indo nyetir di Australia? Gimana caranya? Gak susah gitu?

nyetir di australia

Nyetir di Australia itu sama seperti di Indonesia. Posisi supir di sebelah kanan, dan kita jalan di jalur sebelah kiri. Tapi kata Fred, nyetir di Australia lebih enak! Karena jalanannya bagus, lebar, rambu-rambu dan peraturannya jelas dan konsisten. Dan mayoritas orang mengikuti rambu-rambu yang ada.

Emang sih awal-awal nyetir pasti kaget karena semua orang nyetirnya super ngebut, dibanding di Jambi, tempat kami tinggal, dimana semua orang leyeh-leyeh padahal jalanan kosong.

mengemudi di australia
Fred lagi fokus!

Di Australia, mayoritas orang ngikutin maximal speed limit. Walau di tikungan, di gundukan polisi tidur, atau di bundaran, semua orang berasa cepat!Β Kalo di luar kota sih masih mendingan karena jarang banget ketemu mobil lain. Tapi kalo di dalam kota, wah, everybody is rushing. Jadi butuh konsentrasi lebih kalo nyetir disini.

Tapi enaknya, karena semua orang stick to the rules, kita jadi tau what to expect. Nggak bakalan deh ada ibu-ibu bermotor matic yang sen nya ke kiri tapi belok ke kanan, nyelip pula di depan mobil orang πŸ˜› *apa salah ibu-ibu ini disebut di mana-mana hahaha*

camping ground in australia

Ohya, di artikel ini, kami nggak bakal jelasin tentang aturan-aturan nyetir di Australia karena aturan-aturan itu bisa kalian baca di internet. Tapi kami mau share beberapa tips berkendara yang kami temui berdasarkan pengalaman kami sendiri! πŸ™‚

Okay, here we gooooo!

1. Before We Start : SIM Internasional

SIM Internasional

Sebelum ke Australia, Fred bikin SIM Internasional dulu. Walau katanya nggak perlu sih, karena bisa pake SIM Indo atau SIM translate-an. Tapi kami pernah baca di suatu website (lupa website apa), kalau mau nyetir di Northern Territory, kami harus pake SIM Internasional. Dan karena road trip kami mayoritas di Northern Territory, kami main aman aja deh, bikin SIM Internasional. Toh, gampang banget dan cepet banget, 15 menit jadi! Beneran.

2. Cek Kondisi Mobil Sebelum Jalan

Kalau kalian rental mobil di Australia, pastikan semua kerusakan di mobil tercatat saat kalian ambil mobil. Termasuk baretan halus dan penyotan kecil. Karena bisa aja kalian disuruh bayar karena dikira kalian lah yang bikin baretan itu. Uh oh, pasti nggak mau kan.

Selain cek penyotan2 itu, cek juga air radiator, angin ban, dll. Coba nyalain mobilnya, normal nggak?

3. Kalkulasi Penggunaan Bahan Bakar

Ini yang agak susah karena kita orang Indonesia nggak biasa ngitung-ngitung beginian. Palingan jalan dikit ada pom bensin kan πŸ˜›

Nah, waktu road trip di Australia, Fred rutin ngitungin penggunaan bahan bakar.Β Di Indonesia biasanya sih kita jarang perhatiin yah. Karena pom bensin banyak dimana-mana. Kalo nggak ada pun, bisa minta tolong ojek beliin bensin di penjual eceran, dibungkus pake kantong plastik! Hihi.

Tapi kalau road trip di Australia, apalagi di luar kota gitu (jauh dari kota), kita harus benar-benar menghitung jumlah bahan bakar yang kita punya, jarak tempuh kita ke tempat tujuan, dan kecepatan rata-rata kita mengemudi. Gunanya, supaya tau bahan bakar kita cukup nggak nih sampe ke tujuan? Dan kapan kita perlu mengisi bahan bakar lagi?

toilet umum di australia
Lagi nyari pom bensin & toilet umum di kota kecil.

Harga bahan bakar di sini juga naik turun tergantung tempat. Biasanya di kota yang lebih besar / ramai lebih murah.Β Jalan di luar kota sini sepi, nggak bakalan deh ada penjual eceran di warung. Jadi pastinya repot kalau kehabisan. Kamu harus hitchhike ke pom bensin, beli bensin, terus hitchhike lagi balik ke tempat kamu tinggalin mobil.

Untuk mempermudah perhitungan penggunaan bahan bakar, sebelum mulai perjalanan, reset odometer ke 0. Mobil modern biasanya bisa diubah mode odometer nya menjadi Mode Trip. Itu bisa di-set jadi mulai dari 0 jadi lebih gampang cek sudah tempuh berapa km. Lalu pilih tujuan selanjutnya. Di perjalanan bisa sambil cek angka di odometer dan kondisi tangki bahan bakar. Jadi bisa kira-kira 1 garis di indikator bahan bakar itu cukup untuk berapa meter. Jadi nggak akan terjadi kehabisan bahan bakar.

4. Tata Tertib Berkendara

Tata tertib berkendara disini sih sebenarnya sama aja dengan di Indonesia. Tapi lebih jelas dan lebih konsisten.

Selain itu, sini ada juga rambu-rambu baru yang belum pernah kami temui sebelumnya. Misalnya, ada rambu-rambu bergambar Kangaroo. Itu artinya kita harus hati-hati karena di area itu banyak kangaroo yang bisa aja sedang ada di jalanan. Terutama kalau hari udah mulai gelap – banyak kecelakaan mobil nabrak kangaroo loh. Jadi kalo udah malam, kami selalu nyetir lebih pelan.

sewa mobil di australia

Terus misalnya, kalau di bundaran, moto nya adalah “Always Give Way To The Right“, jadi kamu harus mendahulukan mobil yang ada di sebelah kanan.

Kalau kalian mau baca rules yang lebih lengkap, kalian bisa baca di Australia.com Disana ada FAQ tentang aturan road safetyΒ yang menurut kami udah jelas banget. Sebelum kesana, baca dulu yah!

5. Pakai Phone Holder

Tau nggak, di Australia, pegang hp sambil berkendara itu ilegal loh! :O Jadi sebelum jalan, usahakan selalu cari navigasi dulu supaya ngak perlu pegang2 hp lagi waktu nyetir. Dan hp nya ditaruh di phone holder supaya lebih gampang. Kalau punya navigator yang duduk di sebelah sopir sih, even better!

mengemudi di australia

6. Isi Bahan Bakar

Isi bahan bakar, di kebanyakan pom kita harus isi sendiri. Caranya, pilih pompa bahan bakar yang tulisannya sesuai dengan spesifikasi mobil. Lalu, angkat alat pengisi bahan bakar ke lubang pengisian bahan bakar. Tunggu sampai angka di alat pengisi bahan bakar berubah jadi 0, lalu tekan kerannya seperti yang biasa dilakukan petugas pertamina di Indonesia. Bedanya, di sini harus ditekan terus nggak bisa ditinggal. Tekan saja terus sampai nanti berhenti sendiri. Jangan khawatir tumpah karena sudah ada sensor yang akan memberhentikan pengisian kalau sudah penuh.Β 

isi bensin di australia
Isi bensin dulu yaaa~

Kalau sudah, jangan pindahkan mobil dulu. Ingat nomor pompa yang digunakan. Masuk ke dalam toko, bilang aja “Mba, mau bayar bensin untuk pompa nomor 3 dong” πŸ˜› Begitu~

7. Parkir

Cari parkir di kota itu susah nya minta ampun! Kita harus bener-bener baca plang parkirnya.

parkir di australia

Ada yang cuma maksimal 1 jam, ada yang 2 jam. Ada juga jam-jam tertentu dimana kita boleh parkir & ga boleh. Dan.. di tiap tempat itu aturan nya beda2. Kalau mau baca lebih lanjut, coba baca artikel tentang parking deh!

Setelah parkir, jangan langsung buru2 kabur karena nggak ada tukang parkir yah! Hihi. Di banyak tempar parkir, ada mesin untuk bayar parkir. Jadi make sure kalian bayar dulu sebelum tinggalin mobil.

* * * FUN FACT * * *

Nggak tau kenapa, tapi waktu jalan di luar kota, kalau berpas-pasan dengan mobil lain, mereka bakal say hi dengan cara angkat tangan. Hihihi! Kami baru ngeh setelah 4 hari nyetir. Lucu yah.

driving in australia
Dadah dadah ke oom sebelah

Tips Untuk Pemula

Untuk pemula seperti kami, hari pertama coba nyetir 2-3 jam dulu. Lalu cari rest area atau tempat pemberhentian. Di Australia, banyak sekali rest area dengan fasilitas gratis. Kadang, ada shower dan tempat BBQ nya segala. Kata Fred, nyetir di Australia itu cenderung nggak capek, dibanding di Indonesia. Karena kondisi jalan dan lalu lintasnya bagus banget. Tapi saking mulusnya jalan, jadi lebih gampang ngantuk πŸ˜› Kalo ngantuk sih lebih bahaya soalnya kan ngebut banget tuh.

jalanan di australia
Sekosong itu jalanan. Untung cuma jalanan yang kosong, bukan hati.

Oke deh sekian dulu tips nya, next time aku update lagi yah kalo udah ada info baru lagi. Safe travel!

Aku juga nulis cerita perjalanan kami, click #HoneymoonJilidDua untuk baca ceritanya!

***Β 

Sharon Loh
FacebookΒ  | Β TwitterΒ  |Β Instagram
Email:Β lohh.sharon@gmail.com

 

 

Iklan

19 pemikiran pada “Tips Mengemudi di Australia

  1. Ngitung bahan bakar saat roadtrip juga sekalian buat ngitung budget, kita sih cuma pernah roadtrip wollongong-melbourne doang hehehe pengen juga sih pake van terus keliling aussie sayang suamiku sibuk kerja jadi ga bisa libur lama-lama

    1. Benar sekaliiii! Bahan bakar nya mahal sih ya hikkss. *bandingin dengan di Indo* hahaha. Aku belum pernah ke Melbourne nih. Semoga ntar bisa kesana pas lagi WHV πŸ˜› πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s