nusa lembongan, nusa ceningan, nusa penida travel blog

Solo Traveling ke Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida Tanpa Tour Agent

Sebelum aku cerita lebih lanjut, you guys should know that this is MY FIRST SOLO TRIP in life!!! Jadi sebenarnya aku dan Fred sudah berencana untuk explore Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida seminggu sebelum hari keberangkatan. Kami sudah memesan 2 malam hotel di Nusa Lembongan tapi ternyata H-3 tiba-tiba Fred ada keperluan untuk ke Jakarta. Dan… hotel yang sudah aku book tidak bisa di-refund ataupun di-reschedule.

Daripada sayang, yaudah akhirnya aku putuskan untuk pergi sendiri ke sana.

Deg2an? Udah pasti. Parno? Apalagi. Tapi suka ga solo traveling? Hmm… I prefer traveling bareng Fred sih. Kalau sendirian zonk banget rasanya. Tapi ternyata it’s not as bad as I thought kok.

nusa ceningan

Oke aku ceritain dengan lengkap ya, including the practical thing, jadi kalo ada yang mau kesini sendiri tanpa ikut open tour atau tour agent, jadi lebih kebayang.

Buat yang belum ada gambaran, Nusa Lembongan – Ceningan – Penida itu seperti ini loh :

nusa penida itu dimana

Dari Nusa Lembongan ke Nusa Ceningan, kita bisa naik motor menyebrangi jembatan kuning (dikenal dengan Yellow Bridge). Sedangkan untuk ke Nusa Penida, harus naik kapal lagi. Kalau nggak salah, dari Nusa Ceningan kalo mau nyebrang ke Nusa Penida itu setiap pagi jam 06.00 ada kapal umum. Tapi kalau mau sewa kapal sendiri, bisa kok!

TIKET FAST BOAT : SANUR – NUSA LEMBONGAN

Aku berangkat dari Sanur menuju ke Nusa Lembongan dengan menggunakan fast boat, nama companynya Glory Express. Harga untuk orang lokal, Rp 75.000 one wayone of the cheapest you can find. Boat nya pun modern banget! Dan penyebrangan hanya membutuhkan waktu kira-kira 30 menit.

Tiket fast boat aku beli di counternya langsung 1 jam sebelum keberangkatan.

Lokasi Ticket Booth di Sanur : Jalan Hang Tuah No.27, Sanur

Jadwal keberangkatan Glory Express dari Sanur ke Nusa Lembongan antara lain : 8.30, 11.00, dan 15.30.
Untuk keberangkatan dari Nusa Lembongan ke Sanur : 9.30, 12.00, dan 16.30.

Notes: Enakan ikut jadwal yang pagi karena ombak belum terlalu besar πŸ™‚

fast boat dari sanur ke nusa lembongan
Glory Express Sanur

Ohya, di Nusa Lembongan ini ada 2 pelabuhan : Jungut Batu dan Mushroom Bay. Glory Express ini akan berlabuh ke Jungut Batu. Jadi coba di cek dulu hotel kalian lebih dekat ke pelabuhan mana. Atau kalau nggak pake nginep, nggak masalah berarti.

“Harus menginap, atau bisaΒ day trip?”

Tapi menurutku sih, mending nginep aja supaya jalan-jalannya nggak buru-buru. Karena kalau mauΒ day trip,Β pagi-pagi nyampe di Nusa Lembongan jam 9, eh sorenya 4.30 udah harus pulang lagi. Sayang banget kan. Tapi ya, bisa kalo mau.

SAMPAI DI NUSA LEMBONGAN

Sampai di Nusa Lembongan,Β first impression ku : “Wow, disini rame ya ternyata!” Banyak banget turis mancanegara, termasuk turis dari China yang datangnya ramean 1 bus. Bahkan ada toko Billabong segala!

Setelah sampai, aku langsung jalan kaki ke D’Camel – tempat aku akan menginap 2 malam ke depan. Erm, ternyata kamarnya beda dengan di foto. Di foto kelihatan bersih dan modern banget, tapi ternyata.. Hmm.. Gitu deh, hihi. Sampe nggak foto saking malesnya.

Okeh, lanjut!

SEWA MOTOR DI NUSA LEMBONGAN

Setelah check-in, aku nyari-nyari tempat sewa motor. Jangan khawatir karena ada banyak banget tempat penyewaan, bahkan mayoritas hotel juga udah kerja sama dengan tempat penyewaan motor, atau bahkan punya motor sendiri untuk disewakan. Rata-rata harganya Rp 70.000 – Rp 100.000 per hari, udah dapet bensin juga. Dan kalo kehabisan bensin, banyak banget kok warung di pinggir jalan yang jual bensin. Maklum, ga ada SPBU disini.

Nah, berhubung aku nggak bisa nyetir motor dan agak takut juga untuk coba-coba, aku sewa sepeda untuk hari pertama ini. Harganya Rp 25.000 seharian. Katanya sih ini harga untuk orang lokal yah.

sewa sepeda di nusa lembongan
Sewa sepeda – Rp 25.000 / hari

Tapi karena capek dan nggak terlalu bisa kemana-mana kalo naik sepeda aja, akhirnya aku nanya kesana kesini ada nggak sih, sewa motor yang bareng dengan driver nya juga? Dan mayoritas jawabnya nggak ada! Huhu.

Terus aku iseng deh nanya ke Ceningan Paradise Adventure, tempat aku booking snorkeling trip (Rp 300ribu ke 3 snorkeling spot) keesokan harinya. Dan dia ternyata menyediakan jasa motor + driver, Rp 250.000 / 4 jam. Agak mahal sih, tapi akhirnya aku ambil aja daripada nggak kemana-mana.

– – –

Jadi… disana kemana dan ngapain aja?

1 –Β  Sepedaan ke pantai di Mahagiri Resort & Mangroove Point

Sepedaan ke pantai di Mahagiri Resort ini lumayan gampang karena jalan aspalnya datar. Kalau mau ke Dream Beach, mending pake motor deh! I tried, dan tanjakannya itu gila2an. Jadi aku muter balik lagi, hehe.

Pantai di Mahagiri Resort ini bersih! Pasirnya putih, dan waktu disana aku nggak nemu sampah.

pantai pasir putih nusa lembongan
Pantai di Mahagiri Resort

pantai bersih di nusa lembongan

Setelah nyantai di pantai Mahagiri Resort (tenang, nggak harus bayar kalo mau nyantai di pantainya, kecuali kalo mau leyeh-leyeh di kolam renang atau di kursi2 pantai nya), aku lanjut sepedaan ke Mangroove Point.

Asik juga loh sepedaan disini. Walau beberapa kali dapet catcall (sebel), tapi overall aku enjoy sepedaan sore2 disini!

Mangrove Point, Nusa Lembongan
Mangroove Point, Nusa Lembongan
Mangrove Point, Nusa Lembongan
Mangrove Point, Nusa Lembongan

sewa sepeda di nusa lembongan

2 – Minum Smoothies di Bali Eco Deli

Setelah ke Mangroove Point, aku sepedaan dan memutuskan untuk mampir ke Bali Eco Deli. Disini aku pesen “Pineapple Orange Chiller”, smoothies dengan campuran nanas beku, just orange, dan daun mint. Enak, seger banget! Disini, smoothies-nya dibuat dari buah asli, tanpa tambahan gula. Ada popsicle juga loh disini, bagi kalian yang mau nyari eskrim di Nusa Lembongan.

bali eco deli smoothies
Smoothies at Bali Eco Deli

healthy cafe bali eco deli nusa lembongan

Wifi disini lumayan oke! Dan, kamu minum air putih + refill gratis disini. Bisa juga kok bawa botol sendiri terus refill disini, tapi kalo pake botol kena cas beberapa ribu – aku lupa persisnya berapa.

3 – Snorkeling ke 3 Spot di Nusa Penida

Jadi trip kali ini, aku cuma explore Nusa Penida saat snorkeling aja. Explore daratannya nanti bareng Fred ya! πŸ™‚

Nah snorkeling kali ini aku ikut trip nya Ceningan Paradise Adventure. Aku awalnya nemu dari Instagram, tapi ternyata mereka terkenal dari Facebook page. Hari itu, ada 14 orang yang ikut snorkeling – semua nya datang berpasang2an! Kecuali 1 orang, Ebru, from Germany. Begitu liat dia datang sendirian, langsung deh ku ajak kenalan. Daripada snorkeling sendirian, krik abis! Hihi.

snorkeling di nusa penida

snorkeling di nusa penida
Me and Ebru

Snorkeling trip disini itu harganya Rp 300.000 untuk orang lokal (including mask, snorkel, and fins), dari jam 8.30 – 11.30. Setiap pagi ada trip nya nih, jadi gampang kalo mau daftar dadakan. Kemarin aja aku daftarnya H-1. Mereka baik banget, aku dijemput di hotel dan dianter pulang lagi setelah selesai snorkeling. Bahkan aku dibeliin Antimo dulu di warung sebelum mulai snorkeling, soalnya katanya orang lokal yang ikut snorkeling sama mereka suka mabok laut! Hihihi.

snorkeling di nusa penida
Happy time!

3 spot snorkeling yang di datangin itu ada spot Buddha Statue, Manta Bay, dan Gamat Bay.

Favoritku Gamat Bay, karena corals disini warna warni banget dan bagus! Ikan-ikannya pun banyak. Selain itu juga, nggak terlalu dalam seperti di Manta Spot dan arusnya nggak terlalu kencang seperti di Buddha Statue. Kalo udah kesini, wajib banget ikut snorkeling tour!

underwater buddha nusa penida
Underwater Buddha Statue
snorkeling di gamat bay nusa penida
Gamat Bay
snorkeling di nusa penida
Bagus banget kan!
sharon loh and ebru
We were so happy that we joined the snorkeling trip!

Tempat snorkeling lain yang bagus di Nusa Penida katanya Crystal Bay. Tapi kemarin kami nggak kesana. Next time ah bareng Fred!

4 – Dream Beach & Devil’s Tear, Nusa Lembongan

Dream Beach and Devil’s Tear ini letaknya berdekatan, di Nusa Lembongan.

Menurut aku yang unik ini si Devil’s Tear. Karena disini banyak karangnya, dan ombaknya lumayan kencang. Jadi, ombak2 yang menghantap karang bakal naik sampe ke atas karang, seperti Waterblow di Nusa Dua.

devil's tear nusa lembongan

nusa lembongan where to go

5 – Blue Lagoon, Nusa Ceningan

Blue Lagoon ini letaknya di Nusa Ceningan. Dari Nusa Lembongan ke Nusa Ceningan, bisa naik motor dengan menyebrangi si Yellow Bridge yang terkenal itu. Katanya, Yellow Bridge ini baru bisa digunakan 8 bulan terakhir ini, karena sempet rusak. Jadi selama jembatannya rusak, orang lokal disini menyebrangi pulai dengan perahu kecil.

Blue Lagoon, Nusa Lembongan
Blue Lagoon, Nusa Lembongan
Blue Lagoon, Nusa Lembongan
Blue Lagoon, Nusa Lembongan
solo traveling ke nusa penida dan nusa ceningan
So happy!

Di Blue Lagoon ini, kalo ombaknya lagi ga kencang, banyak orang yang akan cliff jumping loh! Kalau aku, cukup dinikmati saja deh. Airnya biru, karang2nya indah. Dan bersih pula. Semoga tetap terjaga seperti ini terus ya πŸ™‚

6 – Main Ayunan di “Pohon Jodoh”

Aneh-aneh aja ya namanya, Pohon Jodoh. Nggak tau juga deh kenapa, tapi kemarin waktu kesini, sepi banget. Nggak ada orang sama sekali. Jadi asik juga untuk menikmati suasana sore. Tapi katanya kalau udah sore sekitar jam 5, udah mulai rame dengan anak-anak lokal disini. Mereka biasanya main volley atau bola yang lain.

nusa ceningan

7 – Santai di “Last Stop”, Nusa Ceningan

Setelah selesai jalan-jalan, aku diajak Wayan, yang menemaniku jalan-jalan naik motor di Nusa Lembongan & Ceningan untuk mampir di Last Stop. Disini aku pesen Balinese Juice, campuran nanas, coconut milk, dan apa gitu lupa. Enak!

Balinese Juice at
Balinese Juice at “Last Stop”, Nusa Ceningan

nyantai di nusa ceningan

nusa ceningan cafe

Last Stop ini ada di sebelah Le Pirate Beach Club yang terkenal itu. Ada beanbag untuk leyeh-leyeh, dan pemandangannya langsung ke pantai. What a blissful afternoon ❀

sewa motor plus driver di nusa lembongan
Terima kasih sudah nemenin jalan-jalan, Wayan! Sampai ketemu lagi yaa.

⁘  ⁘  ⁘

Karena aku rasa udah cukup jalan-jalannya (plus capek), akhirnya aku memutuskan untuk pulang lebih awal ke Sanur. Harusnya aku menginap 2 malam di Nusa Lembongan, tapi akhirnya cuma semalam aja. Next trip, aku mau nginep di Nusa Penida dan explore the Penida Island! πŸ˜€

“Untuk makan di Nusa Lembongan, enaknya dimana?”Β 

Hmm, kemarin aku random aja sih nyari warung-warung. Ada warung yang jual babi guling, ada yang jual nasi goreng, bakso, dll. Jangan takut untuk coba-coba πŸ˜‰

Tertarik untuk ke Nusa Lembongan, Ceningan, dan Penida? Yuk, #TravelTerus!

⁘  ⁘  ⁘

Cheers,
Sharon Loh
Instagram : @sharonlohh

 

Iklan

22 pemikiran pada “Solo Traveling ke Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida Tanpa Tour Agent

  1. pengen deh balik lagi ke Nusa Penida dan nginep di tree house gitu bbrp malem, keknya seru banget suka liat di AirbNb.

    10 thn yg lalu kita ke Nusa Penida juga sendiri tanpa tour, tp jalanannya ga tahan ya rusak parah, anjlok2an di angkot, masih kek gitu apa udah mulus Sha skarang?

    1. Itu Nusa Penida nya cuma snorkeling ajaaa kak, explore daratannya ntar bareng Fred minggu depan hihihi.

      Kata temenku sih masih jelek jalannya, tapi ada jalanan yang di aspal mengelilingi pulau gitu.

  2. Underwaternya! My God! ❀ Cakep Ron!
    Airnya juga bagus ya gradasinya disituuuu.. fix harus ke Bali lagi terus kesana!
    eh, masalah solo trip congrats ya akhirnya ngerasain! I did it a while ago terus malah ketagihan hahaha.. Kapan Penidanya nih?

    1. Iya bening bangetttt Bryn, sumpah! ❀
      Ku next week nih baru ke Penida nya hehehehe. Ga sabar! Pingin snorkeling di semua pantai yang bisa snorkeling :p (maksudnya yang ga usa pake perahu gitu)

      Haha eh jangan bilang lu ke HK sendirian? OMG.

  3. Hi! I enjoyed reading your blog. Can I just ask if you have the contact number of the guy who drove you around Lembongan? Thanks so much.

  4. aak mau juga ke Nusa Penida, tapi tunggu suami bisa ikut juga deh soalnya gue gak bisa naik motor, muahaha…
    solo trip itu asyiknya membuka peluang buat kita bisa ngobrol sama orang baru, bisa punya temen baru yang seru. πŸ™‚

    1. WAJIB BAWA SUAMIK.

      Kalo ga mati kutu deh ga bisa naik motor kita hahaha.
      Iya setuju! Asik nya itu sih, jadi “terpaksa” cari temen baru. Kalo sama suami, yaudah nempel berdua aja ya terus hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s