saumlaki indonesia

9 Hal Yang Bisa Dilakukan di Saumlaki, Maluku Tenggara Barat

Haloooo, Indonesia Timur!

Ini pertama kalinya loh aku menginjakkan kaki di timur. Tempat pertama yang aku kunjungi adalah Saumlaki, ibukota Maluku Tenggara Barat yang terletak di kepulauan Tanimbar. Untuk menuju ke Saumlaki, kalian harus transit dulu di Ambon. Tapi emang benar deh kata orang. Indonesia Timur itu cantik banget!

Air lautnya jernih dan kalo siang warnanya tosca, landscape alamnya indah, orangnya ramah-ramah banget. Padahal baru satu tempat yang aku kunjungi, nggak kebayang tempat-tempat terkenal lain seperti Flores, Sumba, dan Raja Ampat itu seperti apa indahnya ❀

kumparan getaway to saumlaki

Aku beruntung karena bisa menjadi salah satu peserta yang memenangkan kuis “Kumparan Getaway to Saumlaki“. Jadi tripΒ ini gratis! Hihi.

Trip kali ini terbilang singkat banget, dibanding trip-trip aku biasanya. Cuma 3 hari total yang dihabiskan untuk menjelajah kepulauan Tanimbar.

tanimbar indonesia
Cantik banget ya!

Selama tiga hari di kepulauan Tanimbar, kami jalan-jalan ke Pulau Asutubun, Pulau Seira, Desa Tumbur, Desa Olilit, dan kota Saumlaki itu sendiri.Β Masih banyak banget tempat-tempat cantik di kepulauan Tanimbar ini yang belum dikunjungi. Semoga suatu saat bisa kembali lagi kesini ya.

Jadi, selama 3 hari kemarin ngapain aja?

maluku travel blog
Ready to explore!

1. Berenang di Crystal Clear Water

Salah satu kegiatan favorit aku di tempat yang ada pantainya adalah berenang. Waktu itu siang hari, aku lagi bete gitu ceritanya, sampe pingin pulang rasanya. Tapi begitu nyebur bentar ke air, eh betenya hilang! πŸ˜›

Airnya emang jernih banget. Ada yang warna tosca, ada yang biru gelap. Katay temen ku, Satya, kalau yang warna nya tosca itu berarti dasarnya cuma pasir putih doang. Kalau yang warnanya biru gelap, berarti ada terumbu karang di bawahnya. (oh gitu toh!).

saumlaki travel blog
Taken by @satyawinnie

indonesian travel blogger

2. Bermain dan “Bergoyang” Bareng Anak-Anak

Ini lumayan unik sih. Jadi ceritanya, kami berkunjung ke Desa Olilit. Kebetulan saat 17 Agustus kemarin, disana ada acara “Pesta Rakyat”, yaitu kegiatan tahunan di desa Olilit untuk merayakan hari kemerdekaan.

Tepat setelah proses menurunan bendera merah putih saat matahari terbenam, warga di desa Olilit mengadakan lomba tari antara RT. Yang unik adalah tarian mereka, modern dicampur dengan tarian tradisional. Kreatif sekali! Gerakannya pun yang swag abis gitu loh.

anak anak di maluku
Taken by @satyawinnie

Lagu-lagunya nya campuran antara lagu nasional, lagu daerah, maupun lagu modern.

Kata salah satu warga disana, warga desa Olilit sudah terbiasa “bergoyang” – istilah mereka untuk menari. Karena setiap ada acara, pasti ada acara bergoyang. Pantas saja, banyak yang jago banget goyangnya, bahkan anak kecil SD kelas 5 pun jago bergoyang. Asiknya kemarin kami bisa ikutan bergoyang anak-anak SD disana! πŸ˜€

3. Minum Kelapa Muda Langsung dari Pohonnya

Minum kelapa muda yang dipetik langsung dari pohonnya? Bisa banget! πŸ˜†Β Setelah belajar mancing bersama Kak Petrus, nelayan di Desa Seira, kami diajakin makan siang di salah satu rumah warga disana. Kebetulan, di depannya ada pohon kelapa. Langsung deh di petikin sama bapak yang punya pohon hihi, terus dipotongin juga. Dan dibikin sendok dari kulit kelapa, supaya bisa ngerokin daging nya, aaaaa suka deh! ❀

kelapa sopi arak maluku

Di Maluku emang banyak banget pohon kelapa. Jadi udah pasti gampang ditemukan.

Ngomong-ngomong soal kelapa, disini ada arak lokal Maluku yang namanya “sopi”. Sopi ini biasanya dijual di warung dalam bentuk kemasan botol aqua, hihi, kalo liat sekilas doang nggak nyadar deh kalo isinya bukan air mineral.

saumlaki travel blog
Lagi nungguin kelapa dipotong

4. Island Hopping

Namanya kepulauan ya, disini banyak banget pulau-pulau kecil yang bisa dikunjungi. Jadi di kepulauan Tanimbar ini ada satu pulau besar, yaitu pulau Yamdena.

Saumlaki (ibukota Maluku Tenggara Barat) itu letaknya di pulau Yamdena. Nah, di sekitar pulau Yamdena, banyak banget pulau-pulau kecil lainnya.

UntukΒ berpindah dari satu pulau ke pulau lain, kalian bisa naik perahu kecil, atau juga kapal. Kemarin kami nyobain dua2nya! πŸ˜›

maluku travel blog
Taken by @astarianadya
travel blogger indonesia
Taken by @misbahullum

5. Makan Ikan!

Maluku itu terkenal dengan ikannya. Jadi jangan heran kalau kalian ke Maluku, makanan yang umum itu ya ikan. Hari pertama disini, kami makan malam ikan. Hari kedua, makan siang ikan. Hari ketiga, makan malam ikan!

kuliner ikan maluku
@satyawinnie mabok ikan

Yang aku suka, ikan kuah kuning dan ikan bakar yang dimakan pake sambal dabu-dabu. Beuh!Β Sambalnya segar, terbuat dari tomat, bawang merah, cabai. Mirip dengan sambal matah sih, tapi yang ini didominasi dengan tomat.

ikan kuah kuning maluku
Ikan Kuah Kuning

6. Belajar Menenun

Di Saumlaki, ada desa yang terkenal akan seni tenunnya, yaitu desa Tumbur. Disini katanya, semua perempuan bisa menenun. Bahkan mereka sudah diajarin oleh orang tua mereka sejak mereka menduduki bangku SMP atau SMA.

tenun maluku

Kalau yang laki2, diajarin memahat prakarya dari kayu. Kerajinan tangan ini diturunkan dari satu generasi ke generasi. Inilah warisan yang mereka dapat dari para leluhur mereka.

Kemarin waktu main ke desa Tumbur, aku sempat mencoba menenun sebentar. Ternyata susah banget loh, harus teliti dan sabar. Pembuatan satu sarung tenun biasanya memakan waktu 1-2 minggu. Pantes aja kalau kain tenun harganya mahal ya.

sharon loh travel blogger

7. Bakar Batu

Bakar batu ini adalah suatu cara tradisional masyarakat setempat untuk mengolah makanan. Caranya unik. Tanah digali, kayu ditempatkan dibawah lalu dibakar. Nah, setelah kayunya terbakar, lalu diatasnya ditaruh bebatuan. Bahan makanan (umbi-umbian) pun diletakkan di atas batu yang panas sebelum akhirnya ditutup lagi dengan tanah.

bakar batu makanan khas maluku
Bakar Batu~

Lucu kan? Cara masak bakar batu ini menghasilkan aroma yang khas. Selain karena batu dan kayu bakar itu sendiri, tapi karena umbi-umbian yang dimasak dibungkus dulu dengan daun pisang dan daun talas. Jadi makin wangi deh!

8. Ikut Mancing Bersama Nelayan

Ini juga ga kalah asik nih. Kemarin aku, Tari, dan Tiffany ikut melaut bareng kak Petrus. Kak Petrus udah melaut sejak 2006 katanya. Dan dia memancing masih menggunakan kail dan tali – supaya tidak merusak ekosistem! Hebat ya.

jalan jalan ke maluku
Aku, Tari, Tiffany, bersama Kak Petrus dan adik kecil

Dalam sehari, kak Petrus bisa menangkap kurang lebih 10 ikan kerapu merah, kira2 15 kilo. Tapi kadang, bisa juga ga dapat apa-apa.

Makanya, yuk bantu melestarikan ekosistem laut, supaya nelayan tetap sejahtera. Simple kok, dengan tidak membuang sampah ke air dan mengurangi penggunaan plastik, kita juga bisa loh ikut melestarikan ekosistem laut kita yang cantik ini πŸ˜‰

laut maluku indah
Bening banget!

9. Santai Menikmati Sunset

Yang paling aku suka nih, sunset time! ❀️  Sebenarnya dimana-mana bisa sih liat sunset, dari atap rumah juga bisa πŸ˜› Ini buat nambah2in list doang hahaha.

maluku travel blog
@satyawinnie, @astarianadya, and me @sharonlohh

Nonton juga VLOG aku di Saumlaki yuk! Jangan lupa subscribe dan comment yaaa πŸ˜‰

Setelah mengunjungi Saumlaki, aku semakin ingin meng-explore Indonesia lebih jauh! Banyak tempat2 yang masih sangat misterius bagiku. Maybe Flores and Sumba could be my next destination? 😍

Kalau kalian sudah kemana aja di Indonesia Timur? Share dong! Siapa tau bisa jadi ide trip aku selanjutnya πŸ˜‰

P.S : Terima kasih kepada Kumparan.com atas kesempatannya ikut jalan-jalan ke Saumlaki πŸ˜€

Thank you for reading, have a good day!

* * *

Cheers,

Sharon Loh
InstagramΒ |Β FacebookΒ  |Β YoutubeΒ | Β TwitterΒ  Β 
Email:Β lohh.sharon@gmail.com

Iklan

28 pemikiran pada “9 Hal Yang Bisa Dilakukan di Saumlaki, Maluku Tenggara Barat

  1. Aaaak bagus amatttt! Bening banget airnya dan warnanya 😍😍😍 gw jadi kepingin banget ke Indonesia timur lho, gw juga blm pernah. Kata orang2 juga ikannya fresh dari laut jd ga usah banyak bumbu pun udah manis dan enak. Duhhhh pinginnnn

    1. Iyahhhh bagus yahhhh gik! Apalagi Flores sama Sumba yah yang udah sering banget dikunjungi (dan diulang kunjungi) orang-orang. Pasti bagus bangetttt!

      Iyah ikannya fresh! dan maniiis.
      Tapi kemarin pernah 1 kali makan siang di pantai, ikannya dibakar kan, terus di jejer-in di terpal di atas pasir.
      Ada genangan air segala pula. Semua orang langsung comot-comotan gitu. Sampe ku eneg sendiri ga selera makan wkakakakaka.

    1. Hahahaha iyaaa euyyyy, tapi kmrn dadakan banget pengumumannya H-1 berangkat. πŸ˜‚ Dan udah dibeliin tiket PP, yowez…

      Semoga next time bs balik lagi siiis πŸ˜πŸ™

  2. Aku terharu ada namaku di situuu wk wk wk 😝. Semoga bisa trip bareng lagi ya kaaa.

    Btw, first impression aku ke kakak adalah kenapa sih nih orang nyasarin gue. Udah tau gue mau beli minum malah dianter ke tempat air isi ulang.

    Sekian

    Cheers,

    Tiffany

    1. WAKAKAKAKA masih diinget aja yeeeee aqua πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Iyaaa nice to meet u tiffyyyy!! Semoga bs ngetrip bareng lagi yayyy jd aku bisa dikepang lagi πŸ’•πŸ’•

  3. I really enjoy ur blog ce. Seneng banget bacanya. Mungkin suatu hari nanti pengen punya blog traveling kayak cc. Wait for the next!😊

    1. Iya nih kak beruntung banget! πŸ˜€ Hehehe.
      Akomodasi ada beberapa sih, kemarin aku di hotel “Incla” kalo ga salah namanya. Sama satu lagi yang terkenal “Harapan Indah” πŸ˜€

  4. Hi Sharon! Salam kenal ya, i am lucky to find your blog. Kece banget deh ini Saumlaki. Bener-bener deh kudu main lebih jauh ke timur nih soalnya surganya banyak haha. Suka dengan ceritamu dan tone foto2nya yang summer banget!

    1. Haloo Erny, salam kenal! πŸ˜€

      Hihi makasih ya udah baca. Iya kece banget! Aku pingin banget nih explore Indonesia timur lebih jauh. Awalnya takut krn ga kebayang di timur itu gimana. Ternyata fine-fine aja dan asik banget malah! Hihi.

      Makasih ya :*

      Btw blog kamu juga kecehhh! Aku baru aja baca blog kamu ttg Lombok. Aku belom pernah kesana nih, hehe dan kebetulan bulan dpn mau ke Bali, apa sekalian belok dikit yaaa ke Lombok πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s