Pulang Travelling Jadi Bokek? Ini Tips Supaya Travelling Lebih Hemat

Seperti yang kalian tau, sekarang aku dan Fred sedang jalan-jalan keliling Australia untuk #HoneymoonJilidDua (cek foto Instagram ku untuk daily update yah!).

Sebenernya cara keliling Australia dengan campervan seperti yang kami lakukan ini umum di kalangan tertentu, terutama para orang tua di Australia. Bahkan saking populer dan umumnya, mereka dijuluki β€œgray nomad”. Couple goals banget deh.

Sejauh ini, Australia menjadi negara favorit aku karena semuanya bersih, teratur, dan alamnya bagus banget! Kalo kamu sendiri gimana, kota / negara favorit kalian sejauh ini apa nih? Manatau bisa jadi ide travelling aku selanjutnya.

Walau hampir semua suka travelling, nggak banyak yang bisa bilang kalau mereka bisa travelling kapan saja. Selain karena waktu libur yang sulit didapat, misalnya ada yang harus kerja fulltime dll, salah satu masalah travelling adalah biaya. Yes, travelling pasti perlu biaya. Kami sendiri sejauh ini masih menggunakan tabungan hasil kerja fulltime sebelumnya sambil nyambi sana sini.

Apalagi kalau kamu pingin jalan-jalan ke tempat atau lokasi eksotis yang cukup sulit dijangkau. Biaya tiket pesawat, akomodasi, makan sampai transportasi di lokasi sudah pasti akan menguras banyak biaya. *salah satu alasan aku belum ke Raja Ampat padahal pingin banget*

Ohya, aku belum bisa nulis tentang cerita perjalanan roadtrip ini karena roadtrip nya belum selesai. Tapi aku mau kasih beberapa tips supaya traveling lebih hemat karena beberapa orang ada yang nanya, mahal gak sih travelling kok lama amat, sampe sebulan? Ya, tergantung sih lifestyle kamu gimana.

Tips dari aku :Β 

  • Pesan tiket jauh-jauh hari. Biasanya tiket yang dipesan agak lama sebelum hari keberangkatan jauh lebih murah. Untuk trip ke Australia ini, kami pesan kira-kira 4 bulan sebelumnya, sebelum kami apply visa.
  • Browsing dan mengunjungi Travel Fair itu wajib hukumnya supaya kamu bisa dapat informasi tiket dan hotel yang bersahabat dengan kantong. Kami sempet ke Travel Fair waktu itu dan harga yang ditawarkan beda jauh dengan biasanya.
  • Travelling bersama teman bisa mengurangi biaya perjalanan secara signifikan, loh. Untuk trip Australia kali ini, kami pergi bersama @PergiDulu. Kuncinya adalah berbagi! Mulai dari akomodasi, transportasi, makanan sampai kenangan akan kamu nikmati bersama teman seperjalanan itu, eaaa. Jadi, penting juga untuk cari teman jalan yang asyik dan cocok. Yang paling penting itu gaya hidup nya harus cocok! Kalo ngak, ribet deh.
  • Pilih tipe akomodasi yang sesuai dengan kamu. Tentukan pilihan dengan melihat harga, fasilitas dan lokasi akomodasi. Jangan pilih akomodasi yang mahal namun jauh dari lokasi yang ingin kamu datangi, karena kamu harus memikirkan biaya transportasi ke lokasi itu juga nanti.
  • Masak makanan sendiri. Di roadtrip Australia kali ini, kami setiap hari masak sendiri untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Cuma sekali-sekali beli kopi di luar. Kebetulan di dalam campervan ada dapur mini nya. Ini hemat banget loh dibanding beli makanan jadi di luar! Biasanya kami menghabiskan sekitar $40 berdua untuk 4-6 hari. Sedangkan kalau makan di luar, sekali makan aja udah $10 minimal per orang. Beda jauh kan?
  • Bawa botol minum kalau travelling ke negara maju. Karena air minum botolan mahal. Dan tap water rata-rata layak minum πŸ˜‰
  • Siapkan dana darurat dalam budget travelling kamu. Hal ini dilakukan agar kamu tak kehabisan dana di tengah perjalanan. Biasanya Fred punya cadangan cash di tas nya, manatau ada keperluan mendesak. Tapi tetap dalam budget yah!

Selain tips mengenai travelling hemat di atas, ada satu tips penting yang bisa membuat perjalanan kamu bebas bokek :

Download saja aplikasi Akulaku lewat Google Play dan Apps Store. Aplikasi belanja online ini menyediakan voucher hotel, voucher rekreasi dan voucher makan yang bisa memangkas budget travelling kamu dengan cerdas. Yang bikin tambah asyik, kamu bisa beli voucher-voucher tersebut di Akulaku tanpa harus membayar kontan alias bisa dicicil.

Yes, kamu tak salah lihat: Akulaku memang melayani pembelian dengan sistem cicilan tanpa kartu kredit yang membuat kantung kamu aman. Cukup dengan mendaftar, kamu bisa menikmati pelayanan cepat, mudah, dan menguntungkan dari Akulaku. Jadi tunggu apalagi? Yuks bikin travelling lebih simpel bersama Akulaku!

Info lebih lanjut bisa cek akun Akulaku diΒ InstagramΒ dan Facebook.

Happy Travelling!Β 

Sharon Loh

IG : @sharonlohh

Twitter : @lohsharon

Iklan

10 pemikiran pada “Pulang Travelling Jadi Bokek? Ini Tips Supaya Travelling Lebih Hemat

  1. Setahun tinggal di Aussie kok aku masih gak bisa minum dari tap water hehhee alhasil tiap groceries selalu beli air minum botolan, padahal suamiku minum air kran fine2 aja. Gak suka rasanya sih kayak air ledeng mentah banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s