makanan khas thailand wajib coba

15 Makanan Khas Thailand Yang Wajib Kalian Coba

Heran, semenjak tinggal di Australia, jadi sering banget ngidam makanan Asia! Oh nooo. Pikiran selalu melayang-layang ke makanan Indonesia yang kaya rempah-rempah dan pedas, atau ke makanan Thailand (pingin bikin Yom Yam ah minggu depan! Yum yum).

Setiap ke Thailand, ga mungkin ga kulineran. Hampir semua makanan random yang dibeli, rasanya enak. Kurang lebih sama deh dengan Penang, sama-sama surga makanan! Walaupun jenis makanannya berbeda yah.

Makanan apa aja nih yang wajb dicobain kalau lagi jalan2 ke Thailand? Ini list makanan favorit aku.

1 – Mango Sticky Rice

Kalo ini sih udah banyak yang tau yah, soalnya di Indonesia juga banyak yang jual. Tapi kalo jajan disana, entah gimana rasa mangga nya beda loooh. Mungkin beda tipe kali yah? Lebih manis dan gendut2 gitu. Cocok banget dimakan bareng ketan hangat yang wangi santan.

Mango Sticky Rice di Mango Tango Thailand
Mango Sticky Rice di Mango Tango

Terus, kalo kalau kalian main ke Bangkok atau Chiang Mai, bisa juga mampir ke MANGO TANGO. Disana jual berbagai dessert mangga. Salah satunya mango sticky rice tapi ada tambahan pudding mangga dan eskrim mangga!

2 – Khao Soi

Kalo Khao Soi mungkin banyak yang ga tau, karena ini makanan khas Thailand Utara. Jadi kalo di Bangkok susah tuh carinya, ga umum. Di Indonesia ada ga yah kira-kira? Ga pernah denger sih.

Khao Soi itu mie kuning yang disajikan pake kuah kari. Untuk dagingnya sendiri, biasanya ayam / babi / sapi. Terus, khao soi disajikan pake mie crunchy yang digoreng gitu. Aku suka nambahin ekstra cabe dan bawang merah mentah. Beeeuh. Endeus!

Baca juga : Where To Eat Khao Soi in Chiang Mai

Kalo kalian main ke Chiang Mai, cobain deh Khao Soi di Khao Soi Mae Sai & Khao Soi Samer Jai. Kalau mau nyari khao soi yang halal, ada nih yang terkenal namanya Khao Soi Islam.

Baca juga : Travel Guide : Chiang Mai

3 – Durian Dessert

Selain mangga, yang terkenal di Thailand itu duriannya. Gede-gede montok wangi. Tempat makan dessert yang asik ada nih di Bangkok, After You Durian Room namanya. Jadi After You ini tempat makan dessert yang menjual shaved ice, honey toast, dll. Tapi ada toko khusu durian, jadi dia namain Durian Room.

Durian Ice Cream at Durian Room After You
Durian Ice Cream
durian room after you bangkok
Ini dia Durian Room nya

Lokasi :

4 – Som Tam

Biasanya ibu-ibu nih yang suka. Eh, cewe-cewe maksudnya. Soalnya aku juga suka, hahaha. Som Tam itu biasa kita kenal dengan nama Papaya Salad. Bahannya dari pepaya muda, diparut, dicampur dengan tomat kecil, roasted peanuts. Dressingnya asem-asem manis.

Som Tam Thai Papaya Salad
Som Tam

Terus aku pernah nih nemu Fried Som Tam – unik yah! Jadi si pepaya muda dan bahan2 lain di goreng. Jadi mirip bakwannya kita gitu, tapi isinya pepaya muda, bukan kol / wortel. Terus dicocol ke dressing asem-manis itu. Unik deh. Sebenarnya aku lebih suka yang versi goreng sih, karena emang suka gorengan kali ya?

fried som tam chiang mai
Kanan : Fried Som Tam

5 – Gai Yang

Nah ini juga nih juara. Ayam panggangnya Thailand. Aku makan ini di Chiang Mai, nggak tau deh di Bangkok ada ga. Enak banget dimakan bareng nasi dan som tam. Seriusan, pake som tam cocok banget. Terus yang uniknya lagi, orang Thailand itu biasa makan Gai Yang pake ketan. Aku pernah coba sih, tapi lebih suka pake nasi aja.

Gai Yang
Gai Yang

6 – Tom Yam Kung

Tom Yam, walaupun udah banyak di Indonesia, tetep ga boleh aku skip. Biasanya udangnya gede-gede sih kalo di Thailand. Oh ya, kalo kalian main ke Bangkok, cobain deh makan tom yam di restoran Ko Dang Talay di Asiatique.

7 – Sate-satean di Night Market

Salah satu surga di Thailand itu night market, aku baru pernah nyoba di Bangkok dan Chiang Mai sih. Dan dua-duanya asik! Banyak jajajan, banyak souvenir, baju, macem2 deh.

Yang aku suka beli itu sate2an. Biasanya ada sate cumi, babi, ayam, kadang bahkan ada yang jual udang dan kepiting bakar / goreng segala.

Baca juga : Night Market di Chiang Mai

Sate Babi (THB 20)

8 – Kanom Krok

Ini salah satu snack pasar tradisional di Thailand nih. Khanom Krok ini dibuat dari tepung beras dan kelapa. Nah kalau yang rasa original (seperti di foto), ga ada topping apa-apa. Tapi banyak juga tempat yang menjual Khanom Krok dengan berbagai topping seperti : daun bawang (aneh ga sih bayanginnya?), jagung, taro. Enak dimakan saat panas! Uhhh dalemnya meleleh.

Kanom Krok

Udah pernah coba? Kalian suka yang varian apa?

9 – Pad Thai

Pad Thai juga terkenal nih, banyak juga yang jual di Jakarta. Tapi kalau kalian main-main ke night market di Thailand, Pad Thai ini gampang kalian temui dan harganya murah!

Pad Thai ini rice noodles yang ditumis pake fish sauce, asam, udang kering, gula dan perasa jeruk nipis. Rasanya manis-manis asam gurih gitu, beda dengan kwetiau Indonesia yang ga ada asem2nya. Biasanya, pad thai ini ditumis dengan telur dan taoge. Terus nanti ditaburin kacang gitu. Kalo yang versi murah ya. Kalo mau upgrade sedikit, cobain deh yang pake udang.

10 – Kluai Buat Chi

Nah kalo ini mirip nih dengan kolak pisang! Terbuat dari pisang, santan, gula merah, pandan, sedikit garam. Sama ga sih? Bedanya, kalo kolaknya udah jadi, mereka juga pake taburan kacang2an nih seperti wijen dan yellow mung bean.

Maaf ya fotonya ngasal

11 – Banana Pancake

Banana Pancake sering nemu dimana-mana nih, terutama di night market. Biasanya murah cuma THB 10-30 saja, tergantung isinya. Yang aku suka sih pake pisang dan susu kental manis aja.

Tapi ada juga yang pake mesis, selai, dll.

12 – Khang Keaw Wan Gai (Chicken Green Curry)

Green Curry yang ini aku masak sendiri loh! Tahun lalu itu aku ikutan Amita Cooking Class di Bangkok. Kalo kalian tertarik, bisa coba email dulu nanya2. Lumayan, waktu itu diajarin masak 4 jenis masakan. Pertama-tama, kita cuma liatin demo masak aja, sambil dijelasin dengan super detil tentang gimana cara masaknya.

Tapi setelah itu, kita bakal menuju ke station masing-masing (dengan kompor dan panci masing2) untuk masak sendiri! Terus, makanannya dimakan sendiri deh pas jam makan siang. Seru!

Thai Green Curry
Green Curry

13 –  Mee Ghrob

Mee Ghrob ini apa yah? Mirip so un gitu sih, rasanya dominan manis tapi juga ada asinnya. Kalian harus coba yang dimasak pake udang galah. Beeuh, cocok banget. Udang yang manis dan tebal dagingnya, dicampur pake soun gurih.

Btw bener ga sih ini nama menunya Mee Ghrob? Correct me if I’m wrong ya!

14 – Pu Pad Pong Karee (Stir Fried Crab with Curry Powder)

Ini kesukaan aku banget. Bayangin, kepiting, ditumis pake telur tapi telurnya masih setengah mateng gitu, ga kering. Pake curry powder. Aduh, ga bisa berhenti comotin! Cocok banget dimakan pake nasi hangat.

15 – Serangga Goreng

Terakhir, yang penasaran & berani cobain, coba deh beli serangga goreng. Aku ga tau sih ini jenisnya apa-apa aja hahahaha! Cuma pernah coba yang terkecil. Walau rasanya biasa aja, garing2 mirip keripik gitu. Tapi tetep aja geliii. Ada yang pernah coba? Aku cukup sekali deh!

⁘  ⁘  ⁘

Kalo kalian, makanan Thailand apa yang paling kalian suka? 😋

Baca juga : 5 Tempat Belanja Murah di Bangkok

⁘  ⁘  ⁘

sharonloh

Iklan

10 pemikiran pada “15 Makanan Khas Thailand Yang Wajib Kalian Coba

  1. OMG SHaron, aku baca ini tengah hari dan lagi puasa wkwkw. aduh krucuk-krucuk… wkwk. Nice share sharon. Besok kalo ke Thailand aku jadi ngerti mau wisata kuliner apa aja. Haha

  2. Aku pernah coba kalajengking, jangkrik, sama pupa goreng.
    Ada tuh yg enak juga, semacem spring roll gitu, don’t know namanya hahaha. Moo ping juga enak, street foodnya (sate babi). Makanan di 7-11nya juga enak hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s