panduan liburan belitung itinerary

Panduan Liburan dan Island Hopping di Belitung (Lengkap Beserta Itinerary)

Liburan ke Belitung ini adalah liburan pertama keluarga aku! Awalnya sempet ragu, cocok nggak ya ajak mami papi ke Belitung? Nanti kalo mereka bingung mau ngapain di pantai gimana? Tapi ternyata mereka enjoy banget malah. Untunglah.

Nah, kali ini aku pingin share nih pengalaman liburan keluarga selama 6 hari 5 malam di Belitung kemarin, siapa tau berguna untuk temen-temen yang lagi rencanain liburan ke Belitung.

panduan liburan ke belitung

panduan liburan keluarga ke belitung
Ngopi-ngopi cantik saat liburan keluarga ke Belitung

1 – TRANSPORTASI

Untuk transportasi di Belitung, kami (ber-6) memutuskan sewa mobil saja, supaya gampang kemana-mana. Kami sewa mobil di @hangout_belitung. Contact awalnya via whatsapp (dengan Mba Lesgi yang superrrr ramah), terus janjian untuk ketemuan di bandara H.A.S. Hanandjoeddin International Belitung.

sewa mobil di belitung

Harga sewa mobil di Belitung (per February 2018) :

  • Daihatsu Sigra : Rp 225.000 / 24 jam tanpa driver
  • Xenia / Avanza : Rp 250.000 / 24 jam tanpa driver
  • Ayla : Rp 175.000 / 24 jam tanpa driver

✼ ✼ ✼

2 – AKTIVITAS SELAMA DI BELITUNG

2 – 1 Island Hopping

Salah satu aktivitas wajib nih kalau kalian liburan ke Belitung : island hopping! Alias main dari satu pulau ke pulau lainnya.

Untuk island hopping, kalian bisa sewa 1 perahu seharga Rp 500.000 yang biasanya berkapasitas sampai 10-12 orang – seharian! Dari pagi sampai sore. Nanti akan ada pemandu yang anterin kita seharian main di pulau.

travel guide liburan ke belitung

Contact Siapa untuk Island Hopping di Belitung?

Kami kemarin island hopping ditemani oleh Bang Midun (+6281949245345). I highly recommend him! Orangnya chill, ga ribet dan sabar banget walaupun kami berenangnya lama, minum kelapanya lama, makan siangnya lama, tapi ga pernah di buru-buru. Asik deh, trip island hopping ini jadi berasa nyantai dan bebas banget.

Tapi kalaupun kalian mau langsung pesan perharu di tempat, bisa banget kok! Datang aja langsung ke Pantai Tanjung Kelayang. Nah, disana nanti akan ada pemandu2 yang menawarkan jasa mereka. Inget aja, pasarannya Rp 500ribu / perahu (ukuran 10 – 12 orang). Nanti dipinjemin lifevest & alat snorkeling juga (tanpa fin, cuma snorkel nya saja).

island hopping di belitung

Island Hopping ke Pulau Apa Saja?

Nah, untuk island hopping di Belitung, biasanya kalian akan diminta untuk menuju ke Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini adalah starting point sebelum kalian mulai island hopping. Pantai ini sendiri cantik banget! Warnanya biru, pasirnya putih. Tapi memang, banyak perahu yang sedang “parkir” di tepi pantai, jadi kurang nyaman untuk berenang disini.

island hopping di belitung
Perahu-perahu yang lagi parkir, siap mengangkut penumpan untuk island hopping

Setelah bertemu dengan Bang Midun, kami langsung diajak naik ke perahu. Besar ternyata perahunya! Muat lah untuk 12 orang, sedangkan kami sendiri hanya 6 orang.

Pulau apa saja yang kami kunjungi?

1. Pulau Batu Garuda

Pulau ini terbentuk dari bebatuan granit besar. Sesuai namanya nih, bentuk pulau ini mirip dengan kepala burung garuda. Tapi di pulau ini kita tidak bisa turun, hanya bisa lihat dari atas perahu saja. Setelah foto-foto dari atas perahu (kami cuma 1 kali jepret aja hahaha), lanjut deh ke pulau selanjutnya.

island hopping ke pulau apa saja di belitung

2. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas! Pulau favorit semua orang. Begitu sampai di Pulau Lengkuas, aku mengerti kenapa pulau ini banyak disukai orang. Pertama, pasirnya putih bersih. Airnya bersih bangettttt, dan banyak bebatuan besar yang bikin pulau ini menjadi eksotis. Ditambah lagi, ada mercusuar yang dikelilingi oleh pohon kelapa. Duh! Cantik banget ya Pulau Lengkuas ini!

pulau lengkuas dari jauh

mercusuar di belitung pulau lengkuas
Pulau Lengkuas itu identik dengan Mercusuarnya

Disini, kami langsung nyebur, berenang-berenang cantik di sekitar bebatuan. Ada yang bilang, nama area ini adalah Kolam Bidadari, hihi.

kolam bidadari belitung
Permisi, bidadari mau mandi. (udah, iya-in aja)

Setelah asik berenang (dan foto-foto), kami minum kelapa muda dulu sambil nyantai. Segernya~

Terus naik deh ke Mercusuar. Ternyata cuma bisa naik sampai lantai 3 saja. Dulu katanya bisa naik sampai lantai paling atas. Ga kebayang pemandangannya pasti cantik sekali dari atas sana!

Setelah puas, kami lanjut snorkeling! Masih di Pulau Lengkuas 😉

Snorkeling disini seru sekali, ikan nya banyak yang sudah nungguin. Warna warni menggemaskan. Ini juga salah satu snorkeling yang seru menurutku karena si mami ikutan nyebur. Waktu nyebur, si mami langsung teriak2 :

Asin!!! Aduh asin banget!!!

Hahaha sebenarnya dia berenang apa minum air sih?

snorkeling di pulau lengkuas

snorkeling di pulau lengkuas
Snorkeling di Pulau Lengkuas

3. Pulau Gede Kepayang

Setelah capek snorkeling (dan papi hampir muntah karena ga nyebur & nungguin dari atas perahu), kami lanjut ke pulau selanjutnya yaitu Pulau Gede Kepayang. Nah, disini ada restorannya. Jadi kami makan siang di pulau ini.

Di luar harga makanan, kita harus bayar Rp 20.000 / orang. Biaya ini sudah termasuk free flow coffee & tea, serta fasilitas lain seperti toilet & kamar ganti.

makan siang saat island hopping

Pantai di Pulau Gede Kepayang ini juga nggak kalah cakep loh dengan Pulau Lengkuas. Sama-sama biru, berpasir putih, dan bersih. Kami nggak terlalu banyak main di pantai, karena asik makan~

Pulau Gede Kepayang
Pulau Gede Kepayang
Wearing @mataindonesiaofficial bamboo tshirt

Menu makanan disini ada seafood, ayam, dll. Ada juga indomie rebus pake telor, dan tentu saja kami pesan itu. Haha. Habis snorkeling, emang enak banget makan indomie rebus.

Indomie with view
Indomie with view

4. Pulau Pasir (atau kadang dikenal dengan nama Pulau Gosong)

Setelah kenyang makan dan ngeteh, kami lanjut ke pulau selanjutnya yaitu Pulau Pasir, atau biasa juga dikenal dengan nama Pulau Gosong. Beruntung sekali waktu kesana, nggak ada orang lain sama sekali! Jadi berasa seperti berenang di pulau pribadi. Pulau ini jadi pulau favorit kami saat island hopping kemarin!

Pulau pasir atau pulau gosong belitung
Pulau Pasir

5. Pulau Batu Berlayar

Terakhir, Pulau Batu Berlayar. Pulau ini juga banyak bebatuannya, mirip dengan Pantai Tanjung Tinggi. Bersih juga! Tapi kami nggak banyak foto-foto disini, karena udah capek hihi.

Di Pulau Batu Berlayar, kalian bisa “trekking” singkat ke goa yang terbentuk dari bebatuan besar. Mami semangat banget jalan cepet kesana, hahaha.

Rame Ga Island Hopping?

Kemarin sih sepi banget, serius deh.

tips island hopping di belitung supaya sepi
Sampai di Pulau Lengkuas, cuma ada perahu kami!

Nggak tau emang karena kebetulan bulan Februari itu sepi atau gimana. Tapi waktu kami ke Pulau Lengkuas, belum ada orang lain selain kami. Dan waktu kami mau pergi ke pulau lain, baru deh datang 2 perahu lain. Mungkin juga karena kami start early. Kami mulai island hopping itu pukul 8.00. Perahu lain sepertinya start jam 09.00.

Jadi, tips kalau mau main di pulau yang sepi : start early!

Perlu Bawa Apa Saja Selama Island Hopping?

Nih yang perlu kalian bawa :

  • Snack! Karena kalau lapar, kalian cuma bisa beli kelapa muda. Ada sih warung di Pulau Lengkuas, tapi kemarin kami beli biskuit disana, biskuitnya udah lempem.
  • Handuk : untuk keringin badan kalau habis berenang
  • Selendang pantai : untuk duduk-duduk di pasir. Tapi kalau mau langsung duduk di pasirnya aja gapapa sih. Kami ga bawa selendang juga soalnya haha.
  • Snorkel & fin : kalau punya sendiri, bawa aja. Karena lebih nyaman pake punya sendiri. Tapi kalo ga punya, disediain kok sama pemandunya.
  • Sunblock : Wajib! Jangan lupa reapply terus yah tiap naik ke perahu.
  • GoPro : kalau pingin foto-foto di bawah laut.

2 – 2 Day Trip ke Leebong Island

Leebong Island ini adalah suatu private island di Belitung. Untuk menuju kesini, hanya ada 2 pilihan : menginap di Leebong Island (yaitu di resort yang disediakan) atau ikut One Day Trip ke Leebong Island (yang pastinya lebih murah).

Gimana caranya ke Leebong Island, berapa harganya, ngapain aja disana? Baca tulisan aku tentang Day Trip ke Leebong Island ya. Sudah aku tulis dengan rinci disana 🙂

Main sepeda di Leebong Island
Main sepeda di Leebong Island
Leebong Island
Leebong Island
Main canoe & SUP board di Leebong Island
Main canoe & SUP board di Leebong Island

2 – 3 Main ke Belitung Timur

Selain area Tanjung Pandan, Belitung Timur juga sering dikunjungi oleh turis, biasanya sih pada main ke Kampoeng Ahok, Museum Kata Andrea Hirata, dan SD Lasker Pelangi.

Kampoeng Ahok
Kampoeng Ahok
Museum Kata Andrea Hirata harga tiket masuk
Museum Kata Andrea Hirata

Tak lupa, main juga ke kota Manggar – kota yang terkenal dengan julukan 1001 Warung Kopi. Emang beneran loh, dimana-mana ada warung kopi, banyak banget!

Warkop 1001 Manggar
Warkop 1001

Kopi susu + semprong

2 – 4 Pantai Tanjung Tinggi & Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Tinggi ini cakep banget deh, ada bebatuan yang besar. Dan bersih juga pantainya. Sore-sore duduk2 disini sambil menikmati kelapa muda, seger banget.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung
Pantai Tanjung Tinggi

pantai tanjung tinggi belitung

Kalau Pantai Tanjung Pendam, itu pantai yang paling dekat dengan pusat kota Tanjung Pandan. Emang ga secakep Pantai Tanjung Tinggi. Tapi duduk-duduk sore disini asik juga. Ada banyak warung dan cafe di pinggir pantai.

Selain itu bisa ke mana lagi? Ga banyak sih. Jadi sebenarnya 6 hari menurutku udah cukup.

Tempat yang kami skip :

  • Danau Kaolin, karena setelah baca-baca di internet, katanya disini ga bisa ngapa2in kecuali foto-foto, jadi males deh hehe.
  • Vihara Dewi Kwan Im

Overall aku suka banget dengan Belitung. Kotanya sepi dengan alam yang cantik – kota idaman aku banget! Walaupun ga banyak yang bisa dikunjungi, tapi apa yang ada itu cantik-cantik semua. Aku pastiiiiii, pasti, pasti, mau balik lagi ke Belitung kalau ada kesempatan lain.

✼ ✼ ✼

3 – PENGINAPAN DI BELITUNG

Nah, ada juga nih yang nanya :

Di Belitung nginep dimana? Rekomendasiin hotel dong soalnya aku juga mau ke Belitung bulan depan.

Jujur, menurut aku hotel ini yang paling susah untuk direkomendasikan, soalnya selera dan budget kan beda-beda banget nih. Ga segampang rekomendasiin makanan. Hotel di Belitung pun begitu – banyak banget pilihannya! Dengan range harga yang berbeda-beda juga. Ada yang simple penginapan aja, ada juga yang punya view menghadap pantai.

Kalau kalian bingung mau nginep dimana, aku selalu saranin coba cek aja di Travelokaas always aku selalu cari dan pesan hotel maupun tiket pesawat disana. Biar bisa cari hotel yang sesuai dengan selera dan budget. Bisa baca review orang lain yang sudah pernah nginep disana juga, jadi lebih afdol kan pas milih. Bukan cuma denger rekomendasi dari 1 orang, tapi baca dulu review dari banyak orang yang udah pernah ke sana.

Trip ke Belitung ini sudah kami rencanakan jauh-jauh hari. Jadi hotelnya pun juga sebulan sebelumnya sudah dipesan. Kalau aku berdua Fred doang, bisa mepet-mepet H-2 baru pesen, haha.

Aku sebenarnya takut untuk pesan jauh-jauh hari. Takut rencana tiba-tiba berubah lah, harus ganti jadwal lah, dll. Jadi kemarin untuk kamar, aku booking pake fitur Pay at Hotel. Supaya kalau ada perubahan recana, at least aku bisa batalin bookingan hotelku.

Kalau kalian juga suka pesan jauh-jauh hari, cobain deh fitur barunya Traveloka yaitu “Pay at Hotel”. Jadi fitur ini memungkinkan kita untuk booking hotel, tapi nggak perlu bayar dulu. Bayarnya ntar di hotel kalau udah sampe. Asik kan!

Kelebihan fitur “Pay at Hotel” apa?

Kita bisa pesan kamar hotel tanpa biaya dan kita juga bisa melakukan pembatalan tanpa biaya! Asal masih dalam kurun waktu yang diperbolehkan yah, nggak batalin H-1 gituuuu (ya kali!). Untuk syarat pembatalan dan keterangan lengkap lainnya, bisa kalian baca di https://www.traveloka.com/pay-at-hotel.

Kadang kan kita suka rencanain jauh-jauh hari, eh tau-tau rencana berubah karena satu dan lain hal. Jadi kalau kalian pesan hotel pake fitur Pay at Hotel, lebih aman menurutku 😉

Cara “Pay at Hotel” Gimana?

Gampang banget. Pertama, kalian masukkan dulu kota yang ingin kalian tuju. Nanti keluar deh list hotel-hotel yang ada. Saat ini, belum semua hotel bisa menggunakan fitur Pay at Hotel. Jadi, kamu perlu teliti saat memilih ya. Pilih hotel yang tercantum tulisan Pay at Hotel.

Tutorial Pay at Hotel traveloka
Tutorial “Pay at Hotel”

Nih, misalnya aku pilih hotel Bahamas Hotel & Resort. Click.

Pilih kamar yang ada tulisan “Pay at Hotel” nya. Click “Choose”.

Isi detail booking. Periksa ulang apakah sudah benar, lalu click “CONTINUE”.

Tutorial Pat at Hotel traveloka
Tutorial Pat at Hotel

Nah, setelah itu, kita diminta isi Credit Card Detail. Jangan khawatir, ga akan ditagih apa2 kok. Info credit card ini cuma dipakai untuk jaminan saja. Nanti kalian baru akan membayar biaya hotel saat sudah tiba di hotel. Namanya juga Pay at Hotel, ya kan 😉

Metode pembayaran sendiri tergantung pada kebijakan masing-masing hotel, baik cash, debit, ataupun credit.

Isi info detil credit card (cuma untuk jaminan saja)

Final step : click “CONFIRM BOOKING”.

Selesai dehhh! Info booking-nya akan segera tertera di aplikasi traveloka atau di email kamu. Membantu banget kan! 🙂

Okeh, lanjut ke makanan di Belitung.

✼ ✼ ✼

4 – MAKANAN DI BELITUNG

4 – 1 Mie Belitong

Mie Belitong yang aku coba ada 3 : Mie Atep, Mie Acin dan Mie Belitong di Warung Kopi Ake. Semuanya rasanya mirip, tapi ada beda khas masing-masing.

Favorit aku? Mie Acin! Soalnya lebih asin diantara semuanya (walau masih manis sih rasanya). Enaaaak tapi, aku suka! Minumannya tentu saja, sesuai rekomendasi semua orang, es jeruk kunci! Segernya.

mie atep belitung

Pagi-pagi sarapan di Warung Kopi Ake, belum mandi semua karena mau langsung nyebuuuur ke pantai

4 – 2 Seafood

Untuk seafood, jangan ditanya deh. Seger-seger banget, apalagi Rajungan Rebus di RM Mutiara Laut. Coba deh baca tulisan aku sebelumnya tentang Kuliner Belitung : 6 Seafood Enak di Belitung.

seafood di belitung

4 – 3 Warung Kopi

Warung Kopi yang kami cobain :

– Kong Djie Pattimura
– Kong Djie Siburik
– Warung Kopi 1001, Manggar
– Warung Kopi Ake
– Kuli Kopi (di sebelah Museum Kata Andrea Hirata)

Favorit? Kong Djie Pattimura, dong 😉

kopi kong djie pattimura belitung
Kong Djie Pattimura
kopi kong djie belitung
Di Kong Djie, selalu ada 3 teko begini di depannya

Soalnya kopinya emang enak sih, apalagi es kopi susu. Wajib banget itu. Terus Kong Djie yang di Pattimura itu ada view pantainya. Asik deh sore-sore kesana, duduk di pondok lesehan sambil menghadap ke laut.

Kalau kalian ke Kong Djie Pattimura, jangan lupa pesen SINGKONG GORENG. Luarnya crispy banget tapi dalemnya empuk! Kami semua ketagihan, hehe.

kong djie belitung
Singkong Goreng di Kong Djie Belitung
Kupi Kuli belitung
Kupi Kuli

4 – 4 Gangan

Gangan ini salah satu makanan khas di Belitung. Sup ikan ini rasanya manis asem pedas. Mirip pindang, tapi lebih kental kuahnya. Dimakan pake nasi hangat dan ikan kecil goreng krispi, beuh enak banget.

gangan belitung

Kemarin aku nyicip gangan di RM Gangan Sari. Rame loh pas jam makan siang.

4 – 5 Tempat Makan Lain

Tempat makan lain yang kami cobain kemarin :

  • Cafe Gorong-Gorong
  • Pempek Mama Rio – pempek Palembang.
  • Warung Sunset Akaula – asik untuk duduk-duduk sore menjelang sunset, ada beanbag disana.
  • RM Timpo Duluk – makanan khas Belitung, tapi kurang cocok di lidah kami.
RM Timpo Duluk Belitong
RM Timpo Duluk Belitong
Makanan di Timpo Duluk Belitong
Makanan di Timpo Duluk Belitong
Pempek Mama Rio
Pempek Mama Rio
Cafe Gorong-Gorong Belitung
Cafe Gorong-Gorong
tekwan belitung
Tekwan di Cafe Gorong-Gorong

✼ ✼ ✼

5 – OLEH – OLEH KHAS BELITUNG

Oleh-oleh Belitung itu apa aja sih? Ini juga aku awalnya bingung. Sebenarnya aku dan Fred nggak pernah tuh yang namanya nyari oleh-oleh.

Tapi berhubung kemarin jalan-jalan sama mami papi, si mami tuh semangat banget nyari oleh-oleh. Kami jadi sedikit banyak tau deh oleh-oleh apa yang cocok di beli kalau liburan ke Belitung

  • Katam Isi (ini kepiting isi gitu)
  • Getas
  • Terasi / belacan
  • Sirup jeruk kunci

Itu sih yang menarik menurutku.

Terasi Belitung
Terasi Belitung. Pilih yang dibungkus pakai daun seperti ini yah!
kerupuk belitong
Berbagai kerupuk

Aku sendiri kemarin comot terasi yang mami beli, wangi nya gilaaaaak! Enak banget dimasak pake kangkung, tomat, cabe, bawang merah & bawang putih. *eh, jadi laper* Hahaha.

Fun Fact!

Di Belitung ga ada Indomaret atau Alfamart loh! Karena emang dilarang oleh PEMDA setempat. Jadi jangan muter-muter sengaja cari Indomaret / Alfamart yah, mampir aja ke minimart / warung lokal disana.

✼ ✼ ✼

That’s all for now!
Semoga artikel ini berguna untuk referensi jalan-jalan kalian.
Happy traveling!

✼ ✼ ✼

Btw, ini itinerary liburan kemarin, mana tau ada yang butuh 🙂

ITINERARY 6 HARI 5 MALAM LIBURAN DI BELITUNG

DAY 1

– Sampai di Belitung 11.30, janjian ambil mobil yang disewa di bandara
– Makan siang di RM Belitong Timpo Dudulk
– Check-in di MaxOne Hotel
– Coffee time di Kong Djie Pattimura
– Main ke Pantai Tanjung Tinggi
– Makan malam di Lemadang Seafood
– Beli air minum di minimarket
– Jajan Kepiting Isi Khas Belitung (Ketam Isi) di Adena
– Jajan martabak keju di Boga Rasa

DAY 2

– 07.00 : sarapan di Kong Djie Siburik
– 08.00 : tiba di Pulau Tanjung Kelayang
–  Island hopping ke Pulau Batu Garuda, Pulau Lengkuas, Pulau Gede Kepayang, Pulau Pasir, dan Pulau Batu Berlayar.
–  15.30 : Pulang ke hotel untuk mandi dan istirahat
–  17.00 : Makan Pempek Mama Rio
–  17.30 : Santi di Warung Sunset Akaula
–  19.00 : Makan malam di RM Mutiara Lau

DAY 3

–  Sarapan di Mie Atep
–  Kampoeng Ahok
–  Rumah Mama Ahok
–  Jajan pempek di seberang rumah mama Ahok
–  Museum Kata Andrea Hirata
–  Beli kopi di Kuli Kopi
–  SD Laskar Pelangi – cuma liat dari mobil karena hujan deras
–  Jalan-jalan ke Manggar
–  Makan siang di RM Sinar Laut
–  Ngopi di Warung Kopi 1001 Manggar
–  Kembali ke Tanjung Pandan
–  Ngemil di Cafe Gorong – Gorong
–  Makan malam di Mr. Jo

DAY 4

–  Sarapan di Warung Kopi Ake
–  Menuju Tanjung Ru
–  Day Trip di Leebong Island
–  17.00 : kembali ke Tanjung Pandan
–  Makan malam : Soto & Sate Kambing (karena kurang enak, aku ga cantumin nama tempatnya)
–  Jajan pisang molen
–  Jajan martabak keju susu di Boga Rasa

DAY 5

–  Sarapan di Mie Belitong Acin
–  Beli oleh-oleh di toko kerupuk sebelah Mie Atep
–  Mampir ke Wijaya Crab untuk nanya-nanya tentang Ketam Isi (ujung-ujungnya ga beli, hahaha)
–  Makan siang di RM Gangan Sari
–  Balik hotel : kerja di kamar, santai-santai, bikin kopi di kamar.
–  Makan Pempek Mama Rio
–  Santai di Kong Djie Pattimura
–  Minum kelapa muda di Pantai Tanjung Pendam
–  Makan malam di Raja Seafood

DAY 6

–  Sarapan bakmi bangka
–  Santai di Kong Djie Pattimura
–  Kembali ke Jakarta

✼ ✼ ✼

Thank you for reading!

Cheers,

sharonloh

Iklan

39 pemikiran pada “Panduan Liburan dan Island Hopping di Belitung (Lengkap Beserta Itinerary)

  1. Kak Sharon, thank you sudah share itinerary nya! Kebetulan bulan depan aku mau ke Belitung ngebantu banget. Dan aku mau coba juga ah Pay at Hotel.

  2. Halo Sharon, post nya ngebantu aku bgt nih lg bikin itinerary ke Belitung. Mau nanya donk. Rencana aku jg mau sewa mobil lepas kunci. Nah, kalo yang pas day trip ke Leebong itu dari hotel ke pelabuhan Tanjung Ru nya naik apa ya? Pake mobil sewaan trus parkir di pelabuhannya bisa? Ato dari Leebong nya pick up kita? Semoga bs jawab. Thank youuu😄😄

      1. Sippp. Oke deh kalo gitu. Jadi ga sabar liburan.😅 Thanks banget yaaa infonya. Blognya ngebantu banget banget, fotonya keren-keren lagi! Bakal sering mampir kalo gini. ❤️👍🏻😊

  3. Wow pantai-pantai di sana bagus dan bersih banget yaa! Untung banget lagi cerah! Thank you for sharing the itinerary, langsung di-save untuk suatu saat ke sana (dan kayaknya bakalan sih abis liat ini). Anyways, salam kenal 🙂

    1. Haii Ruth!
      Iyaa bersih2 dan kemarin kebetulan lagi sepi dan cerah, jadi tambah asik deh, hihi.
      Yes, glad to help! Moga2 berguna yah untuk trip ke Belitung some day 😉 Salam kenal Ruth. Have a goooood day

  4. Udah lama banget pengin ke Belitung ikut open trip, tapi pas baca artikel ini jadi kepengin ngatur itinerary sendiri aja. Hahaha. Thank you very much for this useful article, Sharon! Lengkap banget! 😀

    1. Haii Sintia, salam kenal.

      Eh iya aku juga awalnya mau open trip, tp stlh baca2 ternyata gampang jg kl jalan sendiri. Lebih fleksible dan ga buru-buru juga hehe.

      Yayyy glad to help!
      Moga berguna utk jalan2 ke Belitung ntar ya :*

  5. Wah Sharon makasih itinerary nya membantu bgt nich, aku jg mau liburan keluarga bulan depan. Terus mau coba pay at hotel jg ah kikiki

  6. Hello, untuk island hoping nya apa ada retribusi masuk di tiap2 pulau atau free kak? Lagi itung2 total biayanya dibandingkan kalau kita pakai jasa tour.

    Kalau membaca tulisan Sharon, sepertinya trip ke belitung tanpa menggunakan jasa tour juga cukup mudah ya? hanya perlu rental mobil, book hotel dan leebong, dan juga book kapalnya aja, done.

    1. Haiii Putri.
      Kmrn sih aku free, cm bayar ke tour island hoppingnya aja.

      Gampang koook kak Putri, asal tau mau kmn / ngapain aja. Bener sekali! Krn yg butuh pemandu cm island hopping, sisanya bs keliling2 sendiri 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s