mae hong son thailand

Liburan ke Mae Hong Son, Thailand Utara

Pernah dengar tentang Mae Hong Son? Memang sih ga populer di kalangan orang Indonesia. Tapi ternyata, Mae Hong Son terkenal sebagai tempat wisata di Thailand Utara oleh penduduk lokal di Thailand. Dan bahkan di hotel tempat kami tinggal kemarin, mayoritas yang lagi sarapan itu orang-orang mancanegara (I mean, non asian)!

Kotanya sepi, jauh lebih sepi daripada Chiang Mai. Dan terletak di area pegunungan. Bahkan, mayoritas penduduknya itu memang tinggal di pegunungan (disebut juga dengan Hill Tribe). Suasananya tenang dan adem, bikin betah untuk berlama-lama 🙂 Belum lagi banyak bangunan tua dari kayu yang khas.

Ada apa aja sih di Mae Hong Son? Yuk baca lebih lanjut.

Dimana kah Mae Hong Son itu?

Mae Hong Son itu adalah sebuah provinsi di Thailand Utara, membatasi Myanmar dengan Thailand. Nah, ibu kota provinsi Mae Hong Son itu namanya juga Mae Hong Son – yang kami kunjungi itu ibu kotanya. Tapi masih banyak sekali kota-kota lain yang menarik disini, salah satu yang terkenal namanya Pai (next time aku mau ke Pai, wajibbbb pokoknya!)

Mae Hong Son
Mae Hong Son

Cara Menuju Mae Hong Son dari Chiang Mai

Dari Chiang Mai, kita bisa memilih untuk naik pesawat atau mobil.

  • Pesawat : pesawat baling-baling, memakan waktu 35 menit.
  • Mobil : memakan waktu selama 5-6 jam dengan jalanan yang sangat berliku-liku.

Saking berliku-likunya, sampe ada istilah Mae Hong Son Loop karena totalnya ada 1864 kelokan! Dan kita bisa dapat sertifikat gitu kalau berhasil melewati semua kelokannya. Bayanginnya aja udah mabok yaa, hahaha.

Yah dipilih-pilih saja ya mau naik apa, kalo aku sih pesawat aja deh, hihi.

Pesawatnya lucu ya! Warna warni gitu

Tempat Wisata di Mae Hong Son

Kemarin kami hanya sebentar main di Mae Hong Son, 2 hari 1 malam lebih tepatnya. Selama itu, kami jalan-jalan ke :

1 – Wat Jong Kham

Wat Jong Kham ini adalah temple tertua di Mae Hong Son. Letaknya di tepi sungai Nong Chong Kham.

mae hong son temple
Dressed in Thai traditional costume

Pic by Amazing Thailand

Kalau malam-malam kalian jalan-jalan ke sungai Nong Chong Kham, pemandangannya cantik banget karena temple nya terang dengan lampu-lampunya yang menyala dan sungai di sebelah temple itu merefleksikan lampu-lampu itu. Duh sayang waktu jalan-jalan kesana di malam hari, aku ga bawa kamera. Jadi, di foto pake mata saja 🙂

sunset in mae hong son
Mendekati sunset
sungai di mae hong son
Sungai di samping temple

Lokasi:

2 – Pang Tong Palace

It is said that Pang Tong Palace used to be the place where the Thai queen lived and it is the royal family’s project. Projeknya itu agar petani / peternak di Mae Hong Son lebih sejahtera.

Nah, di Pang Tong Palace ini kemarin kami bisa main-main dengan domba dan kasih makan juga. Area lahan di Pang Tong Palace ini luaaaaas sekali. Katanya sih pingin dibangung mini zoo disini, pasti cantik deh karena landscape nya yang perbukitan itu udah mendukung sekali!

Pic by Amazing Thailand

Lokasi:

3 – Phu Klon Mud Spa

Tempat seru lainnya nih, Phu Klon Mud Spa. Katanya, Phu Klon Mud Spa ini adalah satu dari tiga tempat di dunia yang punya Natural Mud Hot Spring. Walaupun disini ada mineral pool, tapi ga bau belerang loh.

Katanya, (kata tour guide kami), mud terbaik untuk maskeran itu cuma ada di 3 tempat : Israel, Romania, dan Phu Klon Mud Spa ini.

Disini ada beberapa treatment :

  • Facial Mud Spa (15 menit – THB 80)
  • Mud Body Spa – kalo punya banyak waktu boleh nih mud spa satu badan! (90 menit – THB 1200)
  • Berendam di mineral pool
  • Berendam di mineral bath (ada kamar mandi gitu masing-masing kamar mandi isi 1 bath tub)
  • Thai massage
Pic by Amazing Thailand

Lokasi:

4 – The Chinese Village of Ban Rak Thai

Salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi juga itu adalah Ban Rak Thai, kampung Cina nya Mae Hong Son.

Kami kesana siang hari untuk makan siang. Dan bener aja, restorannya restoran Chinese food. Terus menu-menunya juga asing (ga kayak Chinese food di Indonesia), tapi bukan masakan Thailand juga. Makanan apakah ini……? Jeng jeng jeng jeng. Mungkin Chinese-Thai. Atau Chinese-Thai-Utara. Ga tau ah, hahaha.

Ban Rak Thai
Ban Rak Thai
Ban Rak Thai Chinese Village in Mae Hong Son
Ban Rak Thai Chinese Village in Mae Hong Son

Dan, di restorannya, diputerin lagu mandarin / hokkian dong yang sering ada di kondangan di Jambi! Hahaha.

Selesai makan siang, kami jalan-jalan ke atas bukit (naik tangga), disana ada mini “Great Wall of China”, terus bisa melihat pemandangan pegunungan dan danau dari atas. Cakepnyaaaa!

Ban Rak Thai Chinese Village in Mae Hong Son
Ban Rak Thai Chinese Village in Mae Hong Son
Ban Rak Thai Chinese Village in Mae Hong Son
Ban Rak Thai Chinese Village in Mae Hong Son

Disini juga banyak toko-toko yang menjual pernak-pernih, kopi, teh. Katanya sih oolong tea disini terkenal, tapi aku ga beli.

Lokasi:

5 – Morning Market

Kalau kalian niat bangun pagi, mampir deh ke morning market. Disini banyak jajanan, dan ada beberapa coffee shop juga di sepanjang jalan menuju pasar.

Jajanan pagi kami saat itu : Khanom Krok a.k.a Thai Coconut Rice Pancake.

Jajanan pagi : Khanom Krok

Khanom Krok ini dibuat dari tepung beras dan kelapa. Nah kalau yang rasa original (seperti di foto), ga ada topping apa-apa. Tapi banyak juga tempat yang menjual Khanom Krok dengan berbagai topping seperti : daun bawang (aneh ga sih bayanginnya?), jagung, taro. Enak dimakan saat panas! Uhhh dalemnya meleleh.

Lokasi:

6 – Night Market

Night Market disini emang kalau dibandingin dengan Night Market di Chiang Mai, keciiiil dan sepiii sekali. Tapi kalau punya waktu lebih, ga ada salahnya lah ya, mampir jalan-jalan sebentar. Kalau kalian telurusi night marketnya, nanti kalian akan sampai di Chong Kham river, disana bisa duduk-duduk sambil menikmati pemandangan sungai di malam hari. Ada bar & restaurant juga di sekitar sana.

Lokasi:

7 – Makan Khao Soi

Jujur, ini makanan terenak selama trip ke Mae Hong Son kemarin. Tempatnya pun asikkk, di tepi sawah! Dengan tempat makan pondokan tapi ada kursinya gitu. Adem deh.

Khao Soi
sawah di mae hong son thailand utara
Sawah di sebelah tempat makan
Bersama Wira Nurmansyah, travel blogger kondang Indonesia

Nah, tapi masalahnya aku ga tau ini nama tempatnya apa. Namanya dalam huruf Thai. Jadi kalau kalian kesana, mungkin bisa nunjukin foto ini ke orang lokal yaaah, siapa tau mereka tau ini dimana.

Ini dia penampakan rumah makannya

Terus, terus, ada apa lagi nih di Mae Hong Son?

Tempat Wisata Lainnya

Karena keterbatasan waktu, aku belum sempat mengunjungi tempat-tempat ini. Tapiiii, dari yang aku baca-baca (di blog orang maupun peta wisata di hotel tempat aku menginap), masih banyak banget tempat yang bisa dikunjungi di Mae Hong Son! Aku list yaa, mana tau bisa menjadi inspirasi perjalanan kalian.

  • Long Necked Karen Village
  • Pah Sua Waterfall
  • Namtok Mae Surin National Park
  • Huai Nam Dang National Park
  • Tham Lot Cave
  • Fish Cave
  • Suspension Bridge
  • Nam Piang Din
  • Buatong Fields
  • Mae Surin Waterfall
  • Lisu Village
  • Kong River
  • Wat Phra Tat Doi Kongmu
Pic my Amazing Thailand

Sekian dulu yang bisa aku share kali ini! Semoga bisa menjadi inspirasi kalau mau jalan-jalan ke Mae Hong Son suatu saat nanti. Katanya sih, Mae Hong Son ini bener-bener merepresentasikan Thailand Utara banget. Kalau jalan-jalan kesini, jangan lupa mampir ke Pai ya. Denger2 asik juga tuh!

✼ ✼ ✼

P.S :
Thanks to @wisatathailand yang udah ngajakin jalan-jalan ke tempat-tempat baru di Thailand! Trip #FamilyFunThailand kali ini seneng banget bisa jalan-jalan bareng @wiranurmansyah, @ingepaulina, @desmanmendrofa, @duniapercil, ko Edi, dan keluarga kocak super humble @ringgoagus, @sabaidieter, @ralfmorscheck dan Bjorka. 

✼ ✼ ✼

Thank you for reading.
Happy traveling!

✼ ✼ ✼

sharonloh

Iklan

18 pemikiran pada “Liburan ke Mae Hong Son, Thailand Utara

  1. Aku juga baru denger Mae Hong Son ini setelah di-mention mas Bartian di salah satu komentar blog. Emang sama sekali nggak populer di Indonesia.

    Daripada kuilnya, aku paling tertarik sama sungai dan chinese village-nya 🙂

  2. wah, salah satu pilihan lagi nih kalau ke Chiang Mai sekalian mampir ke sini, tapi enggak nyangka lumayan jauh ya sampai perlu naik pesawat.
    perjalanan dara 5-6 jam berasa banget, sih. seruuu liat foto-fotonya dahh!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s