jalan jalan di georgetown penang

Jalan-Jalan di George Town, Penang : Kemana Aja?

Halo, Penang!

Tau nggak, kalau di lingkunganku, Penang itu terkenal sebagai tempat untuk medical checkup / berobat dan tempat untuk kulineran. Kalau di lingkungan kalian gimana? Sama kah?

Tapi sebenarnya, banyak sih yang bisa dilakukan di Penang selain itu. Ini pengalaman aku from my last two visits to Penang.

jalan kaki di georgetown penang

Pertama kali ke Penang, 2 tahun lalu bareng Fred. Waktu itu, kami naik bus dari Singapore menuju ke Ipoh. Terus jalan2 di Ipoh beberapa hari, lanjut naik bus ke Cameron Highland. Dari sana, kami lanjut lagi ke Penang – ke George Town lebih tepatnya, capital of the state of Penang. 

Yang kedua, akhir tahun 2017 yang lalu, aku dan Fred sekeluarga liburan di Penang saat malam tahun baru.

Kami suka suasana kota ini! Banyak bangunan tua, banyak makanan enak, dan enak untuk jalan kaki (George Town-nya)

1 – Walk Around George Town

Salah satu yang aku suka disini, jalan kaki di sekitar George Town! Karena banyak banget yang bisa dilihat disini. Jalan kaki bentar, ketemu temple menarik. Jalan kaki bentar, ketemu makanan enak. Jalan kaki bentar, eh ada jajanan murah.

Jadi inget dua tahun lalu lagi iseng jalan-jalan di sekitar sini, ketemu Austin, seorang supir taksi yang lagi nangkring di depan temple ini – sambil minum minuman keras. Terus ngobrol ah. Eh ujung-ujungnya malah asik, dan dia malah ngasih “nasihat” pernikahan. Menyenangkan sekali! ❤

jalan kaki di georgetown
Nyebrang, grak!

Goddess of Mercy Temple
Heritage house
Heritage house

Disini banyak banget tempat makan. Ada yang tradisional, ada yang modern ala cafe-cafe kekinian. Kalau bingung mau ngapain, aku dan Fred suka jalan2 random aja di George Town.

2 – Blue Mansion / Cheong Fatt Tze Mansion

Salah satu yang menarik di George Town nih menurut aku, yaitu ikut guided tour di Cheong Fatt Tze Mansion atau biasa dikenal juga dengan Blue Mansion. It’s one of the most iconic heritage house in Penang.

blue mansion penang georgetown

Bangunan ini dilindungi loh, dan sekarang termasuk dalam UNESCO World’s Heritage Site. Pemilik sebelumnya namanya Mr. Cheong Fatt Tze – orang yang super kaya raya.

Bahkan, banyak bagian dari rumahnya itu dibeli dari luar negeri. Misalnya, di tengah2 rumah itu ada pilar2 gede (jumlah nya 8 karena 8 adalah lucky number for Chinese) yang dibeli dari Scotland ratusan tahun yang lalu.

blue mansion guided tour
Guide kami lagi jelasin apa coba? Hahaha

Guide kami saat itu humoris sekali! Jadi asik dan ga bosen ikut guided tour-nya.

Oh ya! Selain bisa ikut guided tournya, di Blue Mansion ini juga ada penginapannya (yang pasti mahal) dan ada restoran (kayaknya mahal juga).

3 – Street Art Hunting

George Town juga terkenal dengan street art nya. Bahkan beberapa street art itu harus ngantri kalau mau foto. Hahaha. Ada peta street art juga loh, jadi bisa memudahkan kalian yang benar2 mau hunting foto-foto di berbagai street art.

Kalau aku sama Fred sih, ga terlalu tertarik. Cuma ikut iseng-iseng foto aja pas kebetulan lewat & ga ngantri. Ga sampe sengaja nyariin juga.

4 – Chew Jetty

Chew Jetty ini kami temukan secara ga sengaja. Lagi jalan2 random habis makan di food court, terus nyebrang. Eh ada tempat seperti ini!

Jadi Chew Jetty itu sebenarnya awalnya dibangun untuk rumah para Chinese immigrants yang kerjanya di dekat laut. Rumah2nya itu dibangun di atas kayu yang bawahnya itu langsung laut.

Sekarang sih, udah disulap jadi tempat wisata. Rumah2 kayu itu banyak yang jualan souvenir, ada yang berubah jadi restaurant, ada juga yang jualan es krim duren! Duh nikmatnya. Ada yang jualan durian puffs juga.

Durian & Matcha Puffs chew jetty
Durian & Matcha Puffs

5 – Kulineran

Di Penang, rugi kalo nggak kulineran. Makanannya kalau nggak enak, ya enak banget. Hahaha. Belum nemu nih yang ga enak – apa jangan2 ga ada? 😂

prawn mee penang
Prawn Mee – uh, enaknyo!
Jajan di Gurney Drive Hawker Center
Jajan di Gurney Drive Hawker Center
fredric sanjaya
Lelaki pencinta mie

Kalau kalian mau kulineran di Penang, coba baca tulisan aku tentang makanan di Georgetown deh. Mana tau jadi ada ide untuk makan di mana 😉

6 – Wonderfood Museum

Wonderfood museum ini awalnya aku agak skeptis.

Ah, paling biasa aja. Jangan2 krik lagi.

Tapi akhirnya karena bingung mau kemana, Cindy (adiknya Fred) ngajakin untuk ke Wonderfood Museum aja.

wonderfood museum penang georgetown

Eh, ga tau nya bagus loh! Semua replika makanannya super duper mirip banget dengan yang asli – bahkan keliatan lebih enak! Boleh deh mampir yah, kalau jalan2 ke sini.

Sebenarnya sih, di Penang aku lebih suka kulineran. Tapi kalau kalian suka jalan2 ke temple dan tempat2 bersejarah lainnya, coba deh ke Kek Lok Si temple. Aku sendiri belum pernah pergi sih, hehehe. Tapi katanya cantik banget!

Next time kalau ke Penang lagi, aku pingin ke Penang National Park!

Q & A

– Transport selama di George Town Penang?

Kami belum pernah naik bus, tapi di sana ada Rapid Penang bus. Selama disana, kami cuma pernah jalan kaki dan naik Uber/Grab.

– Selain George Town, kemana lagi?

Tempat2 yang terkenal sih : Gurney Drive (tapi sampai disana, kami bingung mau kemana selain ke hawker center), Batu Ferringhi, Penang Hill.

– Untuk hotel / penginapan, enaknya di daerah apa ya?

Di George Town aja! Karena selain gampang kemana-mana (bisa jalan kaki), di sana banyak makanan jadi ga susah nyari makan. Makanan di George Town murah kok, rata2 belasan / 20ribuan kalau bukan makan di restoran.

⁘  ⁘  ⁘

Iklan

13 pemikiran pada “Jalan-Jalan di George Town, Penang : Kemana Aja?

  1. Kemarin di hostel ketemu sama orang Indonesia. Pas dia cerita dia dulu kuliah di Penang, aku langsung nyeletuk, “yang buat berobat itu ya?”. Hahahaha dia langsung tersenyum.

    Memang Penang terkenal sama rumah sakitnya ya, tapi aku jadi tahu kalau banyak tempat wisata dan kuliner yang bisa dikunjungi di sini 🙂

    1. Haii Joe!
      Ini kamu yang kmrn DM di IG yah? Hihihi.
      Aku di The White House (airBnB). Kyk sewa 1 ruko gituuu, bisa max 6 orang. Kemarin kebetulan sekeluarga ber-6 jadi pas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s