Belajar Freediving di Nusa Penida, Bali

belajar freedive di nusa penida bali

Kalian familiar nggak dengan istilah “freedive”?

Menyelam yang selama ini aku tau itu SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) DIVING, yaitu menyelam dengan menggunakan tabung oksigen dan peralatan-peralatan lainnya. Sedangkan FREEDIVING itu salah satu teknik menyelam tanpa menggunakan bantuan oksigen. Dengan kata lain : tahan napas!

Nggak tau kenapa, aku tiba-tiba aja tertarik pingin belajar freediving. Mungkin karena aku suka snorkeling kali yah, dan aku pingin bisa lebih nyaman berada di dalam air. Aku pingin bisa nyelam sedikit lebih dalam, bisa tahan napas sedikit lebih lama, dan nggak panik di dalam air. Jadi aku pikir, sepertinya Free Dive cocok kali ya untukku.

snorkeling di nusa penida
Snorkeling di Nusa Penida (Taken by Fred)

snorkeling di nusa penida

snorkeling di nusa penida

Setelah browsing sana-sini, akhirnya aku ketemu nih @freedivenusa di Nusa Penida. Kebetulan, aku dan Fred emang mau main ke Nusa Penida. Aku lihat, di @freedivenusa ini kelasnya kecil, paling beberapa orang aja. Jadi aku milih untuk belajar disana, supaya berasa private.

Ternyata ada banyak loh sertifikasi untuk free dive. Tiga sertifikasi yang paling terkenal itu adalah PADI, AIDA, dan SSI.

Di freedivenusa, aku belajar SSI Freediving Level 1 (atau setara dengan AIDA 2* / PADI Freediver). Tapi aku kurang tau juga sih bedanya apa dengan PADI dan AIDA. Tapi setauku, untuk ambil sertifikasi AIDA 2* itu lebih susah dari pada SSI Level 1, karena AIDA itu fokus banget di angka. Harus minimal nyelam berapa meter, tahan napas berapa lama, dll. Sedangkan SSI kemarin nggak terlalu dipentingin angka nya.

Di FreeDiveNusa, ada satu kalimat yang aku suka banget, mereka mendeskripsikan “SSI Freediving Level 1” itu sebagai advanced snorkeling. Well, I like the sound of that! Just exactly what I was looking for.

freedivenusa belajar freediving di bali
Taken by Kirill Popov (@freedivenusa)

Kursus yang kemarin aku ambil itu durasinya 2 hari, masing2 berlangsung dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

Day 1

Hari pertama dimulai dengan kelas teori tentang underwater pressure, tentang apa yang terjadi pada tubuh kita saat kita melakukan freedive, dan teknik pernapasan. Kami diajarin cara untuk bernapas agar bisa tahan napas lebih lama di dalam air dan juga recovery breathing setelah melakukan free dive.

Kelas teori ditutup dengan yoga dan setelah itu, kita naik kapal untuk latihan di laut!

Aku kaget loh, karena biasanya sesi pertama kelas free dive itu di kolam renang. Tapi ini langsung di laut, yang dasar nya nggak keliatan! Bok, untung aja ga panik ya.

belajar freediving di bali
Me trying to calm down, while looking at the random plankton

Sesi pertama di laut, kami diajarin untuk nyelam sampai kedalaman max 10 meter dengan menggunakan tali yang menjuntai dari pelampung. Sesi menyelam hari pertama ditutup dengan sesi bermain di area yang banyak terumbu karangnya. Bagus banget! Tapi sayang aku ga bawa gopro untuk foto-foto. Ceritanya biar fokus belajar gituuu 😉

Day 2

Hari kedua, ada dua sesi di laut. Sesi pagi, kami belajar untuk berenang lurus sambil tahan napas di kedalaman 4 meter. Aku berhasil berenang sejauh 30m, yay! Lalu, dilanjutkan dengan berenang di daerah yang banyak terumbu karang. Setelah istirahat siang 1,5 jam, kelas dilanjutkan dengan menyelam menggunakan tali lagi + belajar duck dive.

Di hari kedua ini, aku jauh lebih tenang dan nggak panik dibanding hari pertama.

freedivenusa di bali

belajar freedive di bali

Nggak tau karena udah capek banget atau apa, aku muntah terus di sesi kedua ini. Apalagi baru makan smoothies bowl, jadi mual deh terombang ambing ombak di laut. Tapi aku senang akhirnya aku bisa nyelam ke kedalaman 10m! Such an achievement for me, lol.

Oh ya, kami juga diajarin untuk rescue teman yang pingsan di dalam air, loh.

Setelah selesai, kelas ditutup dengan ujian teori deh! Dan aku lulus SSI Freediving Level 1, yayy! Selanjutnya bisa main air di mana yaah?

⁘ ⁘ ⁘

All pics were taken by Kirill – the owner, and instructor of FreeDiveNusa.
Thanks for the amazing experience, Kirill!

⁘ ⁘ ⁘

Bonus:

freedivenusa, belajar freediving di bali
Moment panik, lol!

⁘  ⁘  ⁘

Gimana, ada yang tertarik untuk belajar freedive juga?
See you on the next post!

⁘  ⁘  ⁘

sharonloh

18 Komentar

  1. BackpackerAddict berkata:

    waah…enak hari pertama langsung nyemplung di laut. Cuz rata-rata baru di hari ke 2 nyemplungna. kereenn mbak.. 🙂

    1. Sharon Loh berkata:

      Iyaaaah kak, kayaknya karena di Nusa Penida ga ada kolam renang deh, haha! Jadi mau ga mau langsung di laut >,<

      1. BackpackerAddict berkata:

        Hahaa..kolam renang yg ada di beberapa hotel gak mumpuni kak…

  2. Lia Harahap berkata:

    Aku paling takut di dalam air. Udah mau diving aja dulu, achievement terbesarku hahaha. Sekarang mikir lagi kalo mau freediving. Padahal ilmunya kayaknya penting banget yaa.

    1. Sharon Loh berkata:

      Liaaaaa! Awalnya aku juga takut loh di dalam air (pas snorkeling), tp setelah coba berkali2 jadi terbiasa, hehe. Wahh! Kamu diving dimana dulu?

  3. Agung Rangga berkata:

    Pemandangan dalam laut di Nusa Penida memang indah banget ya. Sayang banget saya takut menyelam dan tidak bisa berenang. 😥

    1. Sharon Loh berkata:

      Iya, indah banget! Hehe, snorkeling aja juga udah cukup koook untuk menikmati bawah laut Nusa Penida. Soalnya di spot2 snorkeling pun skrg terumbu karang nya masih cantik banget & ikannya banyak.

  4. 30 METER SHAR?
    Aku sesak napas bacanya 😦

    1. Sharon Loh berkata:

      Sekarang setelah dipikir2.. jadi bingung sendiri KOK BISA YA LEN??!?! hahaha

  5. abis biaya nya berapa ya kak?

    1. Sharon Loh berkata:

      Di FreeDiveNusa yang SSI Level 1 kemarin aku $235. Tapi coba di cek lagi aja yahh di website nya 😀

  6. vlaurentina berkata:

    Hai Sharon, postingannya menarik dan bikin aku ingin meniru. Aku belum pernah menyelam, tapi jadi ingin belajar freediving juga. Ada syarat apa kalau ingin belajar freediving di sini? Kebetulan aku bisa berenang doang. 😊

    1. Sharon Loh berkata:

      Seruuu banget, Vicky! Ntar kamu ketagihan deh haha.
      Ga ada syaratnya siiih, bahkan kalo ga bisa berenang juga bolehhh.

  7. Rika berkata:

    Hai Sharon, postingannya menarik dan seru ya. Jadi tertarik untuk belajar diving. Kalau boleh tahu berapa biaya diving course for 2 days?

    1. Sharon Loh berkata:

      Hi Rika!
      Seingetku 235usd, tp coba km cek di websitenya deh freedivenusa.com 😆

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s