Soto Sawah Yogyakarta

Kuliner Jogja : Soto Sawah Bu Hj. Hadi. S

Waktu ke Jogja kemarin, aku awalnya kebingungan nyari tempat sarapan. Soalnya biasanya, aku dan Fred sebisa mungkin booking hotel tanpa breakfast. Selain karena lebih murah, kami juga jadi punya waktu untuk explore menu sarapan lokal di kota itu.

Ternyata… kata temenku si Aggy, salah satu menu sarapan umum di Jogja itu adalah soto! Aku dan Fred biasanya nggak bisa makan nasi untuk sarapan. Tapi yah, coba aja deh.

Salah satu soto yang kami suka banget di Jogja kemarin itu Soto Sawah Hj. Hadi. Sebenernya kami kemarin cuma cobain beberapa tempat soto sih, tapi ini yang paling kami suka.

soto sawah jogja

Konon katanya, Soto Sawah ini dulunya emang dikelilingi oleh sawah. Tapi sekarang sawahnya udah berubah menjadi rumah-rumah lain. Kebayang nggak sih kalo masih ada sawahnya, pasti nikmat dunia banget kalo bisa makan soto hangat dengan pemandangan sawah. Uh.

Ohya, menu disini cuma dua : Soto Ayam (ayamnya ayam kampung) atau Soto Sapi. Nasi nya bisa dipisah / dicampur. Aku dan Fred selalu pesan Soto Ayam Nasi Campur. Menu ini juga kami pesan berulang kali tapi tetap nggak pernah bosen. Sampe si Aggy heran, “Gila kok bisa ketagihan soto sawah? Perasaan biasa aja. Aku suka juga sih tapi itu karena deket rumahku.

Hihihi, aku nggak ngerti juga sih apa yang membuat soto ini spesial, tapi selama di Jogja, aku dan Fred ketagihan makan soto sawah ini dan kami sampe bela-belain 3 kali makan disana.

soto sawah jogja

Isi satu mangkok itu ada nasi, tauge, suwiran daging ayam, tomat, kol, perkedel. Terus, kuahnya bening tanpa santan dan nggak berminyak. Rasanya ringan, gurih, sedikit manis, dan seger banget!

Apalagi kalo ditambah perasan jeruk nipis, kecap manis, dan sambal. Duh… *nulis sambil telan ludah*

Soto Sawah Hj Hadi Jogja
*gulp*

Kalau makan disini, di mejanya tersedia beberapa makanan pelengkap seperti bakwan, perkedel, tempe tahu, kerupuk dll.

Ohya kita juga bisa order ayam kampung goreng tambahan. Tapi ayamnya udah di suir-suir ya, bukan ayam goreng utuh. Dan juga, ayamnya udah dingin. Nggak seperti “ayam goreng” yang ada di bayanganku. Jadi aku nggak terlalu suka.

soto sawah hj hadi yogyakarta
Menu Pelengkap Soto Sawah

Ohya porsi soto nya kecil, pantes aja cocok untuk sarapan. Di hari terakhir kami di Jogja, Fred sampe pesen 2 mangkok!

Kalo kita dateng agak pagian, di depan Soto Sawah ini ada bapak-bapak yang jualan lekker. Warna gerobaknya biru.

leker depan soto sawah hj hadi
Leker Gerobak Biru

Lekkernya dimasak dengan tungku dan arang. Masih old school banget! Bukan lekker kekinian yang diputer-puter itu. Isi nya juga klasik, pisang + gula. Enak banget! Harganya Rp 2000 / pcs. Ini jadi seperti dessert-nya kalo makan di soto sawah, hihi.

Next time kalo ke Jogja lagi, aku mau nyobain soto lain ah! Tapi teteup, Soto Sawah nggak ketinggalan :9

 

Soto Sawah Bu Hj. Hadi S
Jalan Soragan No.13, Yogyakarta
Jam operasional : 07.00 pagi – siang

*** 

Sharon Loh
www.fredricsharon.com
Facebook  |  Twitter  | Instagram
Email: lohh.sharon@gmail.com

Iklan

9 pemikiran pada “Kuliner Jogja : Soto Sawah Bu Hj. Hadi. S

  1. Ketagihan ya nik? 🤣 tapi emang sih, kalau gw dah lamaaa gak makan sini, setelah makan rasanya emang seger banget. Ummmf pokoknya i loph yuuuu bu Hadiiiii 😘😘😘

  2. Kalau mau makan soto yang beneran tengah sawah, ada yang namanya soto Gerabah Bu Tugiyem, di daerah Selokan Mataram. Di apit sawah dan sungai. Tapi meski judulnya soto Gerabah, tapi kalau kesini favoritnya malah ayam gorengnya. Harga per mangkok soto bulan lalu Rp 6ribu, dan gorengan satunya lima ratus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s