Kuliner Jambi : Kwetiau Hance

kuliner jambi kwetiau

Selain Mie Pangsit, kuliner wajib aku di Jambi itu adalah kwetiau. Kwetiau di Jambi itu beda loh dengan kwetiau Medan atau kwetiau Jakarta. Karena kwetiau di Jambi terbuat dari tepung beras, dan bentuknya pun lebih tebal.

Belum banyak tempat makan kwetiau yang aku coba. Tapi diantara tempat-tempat itu (halal maupun non halal), yang paling aku suka itu so far Kwetiau Hance (non halal), atau biasa ada yang nyebut kwetiau Ace atau kwetiau Atek. I found that the non-halal version has this thicker and more intense flavor. The power of lard 😉  

kwetiau enak jambi

kuliner jambi kwetiau enak

Kwetiau disini masih dimasak menggunakan arang. Katanya sih dengan memasak pakai arang, hasilnya akan lebih wangi. Dan katanya lagi, ini satu-satunya tempat makan kwetiau di Jambi yang masih memasak menggunakan arang. Bener nggak ya?

Karena kwetiau disini masih dimasak dengan cara dan peralatan tradisional, hasil masakannya pun kadang kurang konsisten. Kalau lagi rame, kadang kuah kwetiau nya sedikit. Atau kwetiau nya kurang gosong.

Tapi kalo lagi enak, beuh! Kwetiaunya digoreng sampai kering dan sedikit gosong. Terus disiram dengan kuah kaldu babi yang kental, dengan racinan kecap dan bumbu yang pas.

kwetiau jambi

Isi topping nya ada daging babi panggang iris, bakso, sayuran, dan yang paling enak itu, pangsitnya! One freaking tasty dumpling. I used to save it for the last because it’s that tasty.

kwetiau jambi terkenal

Check out this short video. You’ll know what I mean.

Notice that bright red thick chili paste? That’s what Jambi is famous about. I mean, not famous famous. But it’s one of those things that makes Jambi dishes better. And you’ll find it hard to have this kind of chili in Jakarta, or anywhere.

Tips

  • Kwetiau Hance buka jam 5 pm sampai 10 pm (atau sampai bahan masakannya habis). Nah, biasanya jam 7-9 malam itu rame. Jadi aku dan Fred suka datang jam 5 supaya lebih sepi. Dan kalo lebih sepi, biasanya masakannya lebih konsisten 😉
  • And if you’re not satisfied with your first meal, give them a second chance! #BigFanOfKwetiauHance

Lokasi

Jl. Orang Kayo Hitam No.58, Sulanjana, Jambi Tim., Kota Jambi, Jambi 36123
(Sebelah Tour ASE, di simpang Talang Banjar).

 

Kalo kalian sukanya kwetiau di mana?

***

SHARON LOH
FACEBOOK  |  TWITTER  | INSTAGRAM
email : lohh.sharon@gmail.com

 

8 Komentar

  1. aggy87 berkata:

    Jadi iniiiii yg bikin kamu ketagihan setengah mati Sharrrr! Huahahahah “it’s like finding love” :)))

    1. Sharon Loh berkata:

      Ehehehehehe iya!! Gila aku kalo lagi kumat kwetiau, seminggu bisa dua kali. Ga ngerti lagi :’)))

  2. Ceritaeka berkata:

    Aku belum pernah ke Jambi, but this one is on my list!

    1. Sharon Loh berkata:

      Kabar2in ya kalo ada rencana main Jambi! Ntar ku ajak makan kwetiau :9 Tapi jarang sih ada yang main ke sini hehe.

  3. Dilan DeswaraD berkata:

    waw sepertinya enak sekali

    1. Sharon Loh berkata:

      Ga tergantikan :’9

  4. Nata berkata:

    Terima kasih rekomendasi nya mba, masuk list tempat makan di Jambi nih. Soalnya untuk kategori non halal lumayan susah nemu yg cocok. Salam kenal

Tinggalkan Komentar