My Pregnancy Journey – Trimester 2

Setelah cerita tentang perjalanan kehamilan trimester 1, sekarang kita lanjut ke trimester 2~ 

Trimester 2 (bulan ke-4,5,6 kehamilan) ini masa-masa paling enak deh menurutku. Nggak berasa lagi hamil, cuma perut membuncit aja. Tapi energi levelku kayak meroket +++++ dibanding trimester sebelumnya. Di trimester 2 ini aku lumayan rajin yoga / olahraga ringan di rumah. Sekarang pas trimester 3, udah agak males karena engap dan berat, hahaha. 

Jalan kaki sore-sore di Jatiluwih

Tapi, di trimester 2 ada beberapa gejala yang aku inget : pernah heartburn 2-3 kali malam2. Rasanya aneh kayak ada yang panas2 ngebakar di dada gitu. Kadang juga berasa perutnya gazzy. Terus pernah juga encok banget kalo cuci piring. Solusinya? Olahraga biar otot pinggang dan panggul tetap kuat menopang baby yang terus bertumbuh, jadi nggak gampang encok.

Hmm apa lagi ya?

Di trimester ke-2 ini juga gerakan baby mulai berasa dan makin tua usia kehamilan, makin berasa nyata gerakannya. Awalnya cuma berasa seperti ada angin / air ngalir-ngalir gitu di dalam perut. Ternyata itu gerakan baby ❤ 

Di trimester kedua ini juga aku lumayan rajin masak. Dan rajin bersih-bersih rumah. Pokoknya karena energinya ada, jadi nggak males2an gitu. 

Terus, tadinya sih rencananya pas bulan ke 5 atau 6 mau ke Jambi karena kangen keluarga & ngidam makanan2 Jambi. Tapi angka covid mengerikan sekaliii karena ada varian Delta. Jadi terpaksa nggak mudik dulu yah. Alhasil kemarin aku sempet coba bikin kwetiau Jambi sendiri from scratch. Lelah bund, tapi lumayan lah rasanya. 70% mirip hahaha.

Di trimester 2 ini juga aku menjalani test NIPT (Non-Invasive Prenatal Testing) yaitu tes untuk memeriksa kemungkinan terjadinya kelainan janin yang bersifat genetik melalui kromosom. Aku tes di Prodia atas rujukan dokter. Dan tesnya ini melalui darah. Kalau nggak salah, ada juga tes kromosom lain dengan cara mengambil sampel air ketuban. Tapi karena tes ini invasive dan ada resiko, jadi tidak sepopuler NIPT. 

Hasil tesnya keluar sekitar 2 minggu setelah sample darahku diambil. Dan syukur, hasilnya normal semua. Dan dari tes ini pun jadi ketauan kromoson gendernya. It’s a girl! ❤ ❤ ❤ 

Aku baca hasilnya itu pas udah di kamar mandi, udah siap2 mau mandi, udah ga pake baju. Pas baca langsung nangis terharu jadi waktu itu shower sambil nangis. Ngakak sih kalo diingat-ingat. 

Terus, setelah tau gender baby, langsung gatel deh belanja baju baby hihihi. Nggak banyak sih yang perlu aku beli, soalnya aku dapat banyak hibahan perlengkapan baby dari Cindy, adeknya Fred. Si mami juga ngasih pompa asi. Dan ada beberapa temen yang ngasih kado dan semuanya berguna sekali, jadi aku nggak perlu beli. Thank you thank you ❤ 

Kami juga beli baby crib, setelah berbagai pertimbangan. Awalnya bingung nih mau nyewa aja, atau mau co-sleeping di ranjang yang sama. Tapi kok kalo tidur di ranjang yang sama aku nggak merasa aman ya, takut kegenjet kalo gak sadar malam2. Lagian ntar malah susah pisah ranjang pula kalo udah makin gede. Nah kebetulan, ada yang jual baby crib Ikea ini di Facebook Marketplace dengan harga yang lumayan walaupun kondisinya masih baru belum pernah dipakai. Baru pernah dirakit doang katanya. Tapi babynya nggak jadi pake karena tidur dengan ibunya. Yayy langsung deh angkut bawa pulang. 

Oh ya hampir lupa. 

Di trimester kedua, aku mulai les bahasa Korea hahaha! Random banget. Aku les di @languagetalk.id. Lesnya via Zoom, seminggu 5 hari (Senin – Jumat), masing2 sesi 2 jam. Intens sekaliii tapi aku senang. Sekarang aku udah jalan 3 bulan (3 level) dan minggu depan bakal lanjut ke level 4! 

Tapi sepertinya ini level terakhirku deh. Kalo mau lanjut level 5, aku takut nggak sanggup ntar otakku hahaha. Mulai suliiit. Dan lagian takut ntar tiba-tiba lahiran dan jadi gak konsen juga. Jadi mungkin nanti lanjut belajar2 online sendiri aja dari Youtube atau website2 belajar Korea, atau banyakin k-drama :p 

Ntar kapan-kapan aku ceritain tentang Trimester 3 juga ya! Sekarang usia kandungan baru 7,5 bulan nih. Masih ada 2 bulan lagi. Dan mulai berasa beraaat dan engap. Gimana nanti pas 9 bulan ya? Yah mudah2an gak sulit2 amat.

3 Komentar

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s