Other

My Plants Collection

Masih ingat ga postingan aku bulan February lalu yang cerita kalau aku beli tanaman indoor buat di kamar? Itu adalah 2 tanaman pertamaku. Dan sekarang, aku punya 7 tanaman indoor! Serta beberapa tanaman sayuran di luar.

Tanaman yang pertama aku beli itu adalah si Snake Plant (atau lidah mertua) dan Philodendron Congo ini.

Mereka berdua ku taruh di dalam kamar yang terkena sinar matahari sore.

Setelah gajian lagi, iseng deh aku pergi ke Bunnings lagi (toko hardware, bahan bangunan, tanaman, dll). Eh, ada si lucu Devil’s Ivy yang coraknya putih! Biasanya disebut juga Snow Queen kalo ga salah. Jadi, si Snow Queen ini adalah tanaman ke-3 ku!

Snow Queen ini karena lumayan rindang, aku coba pisahin 1 ke pot lain. Mother plant nya masih di pot aslinya.

Terus aku coba gunting daun yang ada node-nya. Guntingnya just below node, terus aku celup di air sekarang, berharap bisa tumbuh akar & soon bisa dipindahin ke tanah.

Aku juga punya Amazon’s Elephant Ear. Liat deh, bentuk daunnya eksotis bangetttt. Dan tanaman ini ga repot urusnya. Lumayan tolerate dengan low light. Aku sih taroh di dekat jendela yang menhadap ke Barat, jadi dpt matahari sore.

Amazon's Elephant Ear

Amazon’s Elephant Ear

New leaf is curling up!

Terus sekarang tanaman kesukaanku si Fittonia ini.

Lucu banget warna daunnya!! Tapi katanya Fittonia ini lumayan susah untuk dirawat, karena dia butuh area yang humid (sedangkan Tasmania kering & dingin begini kan, di Indonesia pasti subur deh dia), matahari cukup, dan air yang cukup. Moga2 aja dia bertahan ya!

Satu lagi, si Peperomia ini. Tadinya aku ga gitu suka, tapi lama2 diliat lucu juga keriput-keriput begitu hihi.

Oh ada satu lagi tanaman yang aku gatau namanya. Si housemateku nemu di semak2 gitu, terus dia ambil deh & tanam di plant bed di belakang rumah. Terus karena tumbuhnya cepet banget, aku ambil sebagian & pindahin ke pot. Aku biarin outdoor beberapa lama, supaya dia adaptasi dulu di pot, baru deh aku pindahin ke dalam ruangan. Aku taruh di kamar mandi saat ini, kayaknya dia happy2 aja, mungkin cocok dengan suasana kamar mandi yang lebih humid (karena ada uap air panas saat mandi?).

Kalo di luar, tanaman ini bisa berbunga.

Setelah punya beberapa tanaman, baru sadar, ternyata beda2 tanaman, beda juga ya kebutuhannya. Ada yang butuh matahari banget, ada yang perlunya shade. Ada yang butuh air sedikit, ada yang haus mulu.

Aku juga tanam beberapa sayuran loh!

Ada beberapa yang aku coba tanam dari benih. Ada kale, brokoli, beetroot, rocket, dan bayam. Terus yang lain aku tanam dari potongan2 sayuran yang aku beli di supermarket. Nih si kale lagi aku celup di air, setelah tumbuh akar, baru deh dipindahin ke tanah.

Bibit brokoli

Bayam

Aku juga coba nanam bawang putih & bawang bombay, bokchoy, kentang, dll.

Kalian sendiri suka tanaman juga ga? Tanaman apa yang kalian punya di rumah? 😍

Anyway, aku baru aja pulang camping di Maria Island. Pulau ini tuh ga boleh ada mobil, jadi kita nyebrang kesana naik ferry terus di pulaunya sendiri bisa jalan kaki atau naik sepeda. Aku dan Fred pilih jalan kaki sih karena medannya juga naik turun, mana kuat kami naik sepeda hihi. Ntar aku tulis ya tentang pengalaman camping disana, seru banget bisa liat wildlife dari jarak dekat!

* * *

sharonloh

Standar

2 respons untuk ‘My Plants Collection

  1. Wow looks like you’re going to be a plants lover👌🏻😍😍

    Yang ada bunganya orange itu namanya nasturtium, bunganya bisa dibuat ditaro di salad bisa dimakan👌🏻 Biasanya berbunga pas spring/summer abis itu bunganya mati deh.

    Alocasia amazonica bagus yah, bentuk daunnya lucu. Aku juga punya, baru beli 2 mingguan lalu, semoga ga mati🙏🏼

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s