5 Hal Menarik Tentang Tingkah Laku Orang Sydney

Disclaimer : Cerita ini adalah tulisan temanku, Velysia Zhang 😁

Selama setahun saya banting tulang sebagai pejuang WHV di Australia. Selama setahun itu juga saya kerja dan hidup di Kota Sydney

Pekerjaan saya sebagai waitress di café maupun restoran menuntut saya untuk harus selalu ramah dan berbasa-basi dengan customer. Yep, rata-rata pelayan di Sydney super friendly and suka ngajakin ngomong. 

Setelah saya perhatikan, ternyata orang lokal Sydney yang juga disebut dengan Sydneysider punya tingkah laku yang cukup menarik. Mungkin tidak semuanya begitu, lebih pada umumnya saja yang saya temukan.

Berikut adalah beberapa hal menarik yang saya temukan dari mereka: 

1 – Logat Inggris yang unik

Memang orang Sydney ngomong pakai Bahasa Inggris, tapi logatnya agak berbeda. Mirip-mirip British accent tapi engga mirip juga. 

Mereka kalau ngomong pasti cepat dengan lantunan naik turun dan tiap akhir kalimat pasti kayak diseret-seret gitu. 

Susah sih jelasinnya gimana, kamu harus coba dengar sendiri. Orang Sydney punya banyak slang, atau bahasa gaul. Suka disingkat-singkat juga, contohnya “thank you” jadi “tcha”. 

Nah, kadang juga karena kebanyakan basa basi mereka suka jawab secara otomatis juga. Banyak customer saya yang bilang “good”, padahal saya tidak tanya apa-apa. 

Atau ketika saya bilang “hello” mereka jawabnya “good”, atau ketika saya bilang “thank you”, mereka jawab “you too”. 

Kayaknya memang mereka terburu-buru jadinya tidak fokus dengan jawaban mereka. Ya, semacam ritual kalau beli barang mereka. 

2 – Suka banget minum kopi

Orang Sydney tuh benar-benar peminum kopi sejati. Kelihatan kalau mereka suka banget minum kopi. Jarak tidak sampai 200 meter pasti ada yang jualan kopi. 

Literally café ada di mana-mana. Kalau pesan mereka pasti ngambil yang sama. Saya juga kerja di café, setiap pagi ada customer yang sama datang beli takeaway kopi selama 2 tahun. 

Jenis kopi yang mereka pesan juga sama, misalnya cappuccino atau latte, ukurannya juga sama, dan jumlah gulanya juga sama. 

Satu gelas kopi $4, kadang mereka minum 2 gelas sehari. Sebulan aja udah habisin $80 untuk kopi saja. 

3 – Gaya hidup yang sehat

Nah, orang Sydney juga sangat conscious dengan kesehatan mereka. Kelihatan dari gaya hidup dan pola makan yang sehati. Banyak makanan organic, gluten-free, salad yang dijual di tempat makan. 

Pas istirahat siang mereka bisa pergi ke gym olahraga bentar. Yang lucunya lagi, mereka suka pesan makan sesuai dengan cuaca. 

Pas lagi panas, makanan seperti sushi atau salad lebih popular. Kalau pas dingin atau hujan, pada ngantri beli sup.  Di negara lain juga gini kah? 

4 – Suka ribut kalau party

Orang Sydney cukup heboh sih kalau pergi party di saat weekend. Hari Sabtu malam pasti ramai jalanan trus banyak yang teriak-teriak. Saya juga tidak ngerti kenapa harus pakai teriak segala. 

Malam minggu juga banyak polisi yang berpatroli. Mungkin suka rusuh juga kali ya kalau lagi mabuk. Jadi ya harus hati-hati. 

5 – Secara umum ramah

Pada umumnya orang Sydney sangat ramah. Mereka mau ngomong ke siapa saja tanpa memandang status pekerjaan. Saya juga suka sifat mereka yang penuh dengan ekspresi. 

Mereka tidak malu-malu menyembunyikan perasaan. Kalau suka sesuatu pasti langsung bilang. Ketika mereka puas dengan kinerja kamu, mereka tidak ragu untuk memberi pujian. 

Gimana menurut kamu? Apakah hal menarik lain yang kamu tau dari orang Sydney atau Australia?

Tulisan ini merupakan guestpost dari Velysia. Blognya bisa dibaca di Nonanomad.com.

Diterbitkan oleh

Sharon Loh

Indonesian Food and Travel Blogger. Obsessed with cake decorating.

One thought on “5 Hal Menarik Tentang Tingkah Laku Orang Sydney”

  1. kalau tentang suka kopi,, pernah baca di postingan twitternya efenerr.. kalau tentang suka ribut kalau party, contoh mudahnya mungkin bisa dilihat kelakuan bule2 australia di kuta-legian 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s