hidup di tasmania

Kenapa Tasmania? (Plus Curhatan Random)

Gila, udah lama banget aku ga update blog yah! Tinggal di Tasmania bener2 mengubah lifestyle aku sih. Sekarang aku setiap hari masak – sehari 3 kali! Woo, kalo di Jambi boro-boro. Paling masak sekali. Kalo malam sering keluar pergi makan, soalnya makannya enak2 dan murah sih. Begitu sampe kesini jadi kaget perasaan kerjaannya masak mulu, haha. Selain jarang jalan, juga kami ga pernah ke bioskop sekarang! Hahaha, ngafe juga super jarang.

Kemarin2 ada yang nanya nih di DM Instagram, kok pilih Tasmania? Terus aku jadi mikir… iya juga ya kenapa ya?

Jadi begini….

Aku dan Fred itu begitu dapet WHV (Work and Holiday Visa) ke Australia, kita ga langsung berangkat dan pake visanya. Kyknya kita leha-leha dulu deh di Indo sekitar 10-11 bulan. Terus baru deh berangkat. Si visa ini soalnya bisa dipake max 1 tahun setelah granted. Masa berlaku 1 tahunnya pun dihitung setelah kita sampai di Australia. Begitu~

View this post on Instagram

Kenapa Tasmania? ☺️ – Awal aku dan Fred datang ke Tasmania (awal Mei 2018), itu karena mau roadtrip doang 5 hari bareng Karen & Cindy. Terus rencananya kami berdua mau tinggal di sini 1 bulan, terus pindah ke state lain di Australia. (Pinginnya sih keliling Australia setahun gitu kannnnn). Eh tapi….. kepincut sama Tassie yang cakep ini. Jadi mager, dan perpanjang sewa kamar lagi. Sebulan…. Sebulan berlalu? Perpanjang lagi…… sebulan 😆 Sampe akhirnya memutuskan untuk sekolah patisserie deh (karena emang suka baking2 gitu), biar sekalian menggali ilmu dibanding ga ngapa2in. Singkat cerita kami akan terdampar disini 2 tahun yay! ✨🙏 Walaupun harus kerja sampingan dan cari duit ekstra krn kebutuhannya lbh besar dibanding kl tinggal di Jambi, kami merasa our quality of life (terutama mental health!!) improved dramatically 🌈 – #Tasmania #TassieLife #Tassie #Hobart #HobartLife

A post shared by Sharon Loh (@sharonlohh) on

Nah, kita awalnya bingung : mau kemana ya? Sumpah ga ada preferensi sama sekali. Apa ke Sydney aja ya? Disitu ada temen soalnya. Aku pingin banget tinggal di rumah Lyn (temen SMA ku) waktu itu! Jadi aku cuma kepikiran Sydney. Ataupun kalo ga bisa tinggal serumah, yah bisa lah weekend main2 bareng kan.

Eh terus tiba2 Karen (adikku) dan Cindy (adik Fred) bilang mereka ngambil cuti tahunan. Dan mereka berdua mau jalan2 ke Australia akhir April 2018. Aku dan Fred langsung mikir : “Eh boleh juga nih kita bareng aja sama mereka! Daripada bingung kapan mau berangkat & kemana.” Yaudah, satu masalah selesai : kami berdua tau kami bakal berangkat akhir April 2018. Mulai deh beres2 urusan di Indo, packing2, beli2 barang yg mau dibawa.

Terus kami ber4 mikir, mau kemana ya? Aku dan Fred pingin ajak Karen & Cindy roadtrip pake campervan – karena mereka belum pernah kan. Dan mereka juga ga punya bayangan gimana. Kalo kita ga ajak sekarang, kapan lagi coba mereka coba. Jadi yaudah deh roadtrip kita!! Cuti mereka terbatas cuma 7 hari. Jadi kami bakal roadtrip 5 hari, sisanya ya hari2 hectic berangkat ke airport etc.

5 hari roadtrip dimana coba?

Tasmania aja yuk! Katanya bagus alamnya dan jaraknya ga terlalu jauh satu sama lain. Nyetir 1-2 jam bisa sampe ke destinasi selanjutnya. Oke fix Tasmania.

Berangkatlah kami ke Tasmania. 2 minggu sebelum berangkat, aku dan Fred baru ngeh kalo Tasmania itu pulau terpisah dari pulau Australia yang besar banget itu! Hahaha astaga. Cuma tau beli tiket doang terus ga tau kalo itu pulau terpisah ckck.

Pas udah sampe di Tassie, kami roadtrip 5 hari. Wah ini seru banget sih roadtrip bareng mereka. Ngelawak mulu (lebih tepatnya ngebully Cindy mulu sih, dan super nyantai).

Setelah roadtrip selesai, aku dan Fred menuju ke rumah yang kami sewa. Ga kami sewa 1 rumah kok, cuma sewa 1 kamar aja disana. Begitu masuk rumah, ya ampun langsung melongo : ini rumah pewe abis, viewnya gila abiiiis!

Ini ruang makan nya :

Nah, saat itu kami cuma berencana tinggal 1 bulan disana. Udah ngomong tuh ke landlordnya. Rencananya, setelah 1 bulan kami mau ke state lain, pinginnya sih keliling Australia 1 tahun gitu.

Satu bulan berlalu….

Kok masih betah ya disini? Yaudah extend ya 1 bulan lagi.

Oke…

Satu bulan berlalu lagi…..

Gitu aja terus sampe sekarang hahaha. Terus housemateku sempet kasih tau info tentang sekolah patisserie. Awalnya aku kyk cuma iya iya aja dengerin. Lama2 makin dipikir, makin pingin daftar. Aku pikir, daripada aku 1 tahun di Australia ga ngapa2in, mending aku sambil belajar kali kan. Jadi yaudah, aku daftar deh sekolah patisserie di Tasmania. Lagian aku emang suka banget baking dan decorating! Jadi cocok banget lah untuk aku.

Baca juga : Bedanya Hidup di Australia vs Indonesia

Untungnya masih punya tabungan sisa2 kerja & bisnis @bakemorecakes di Indonesia dulu. Dan…. mama nya Fred bantuin juga untuk sekolah, he he he.

Dan disini aku kerja part time juga! Jadi admin Instagram @sushforsushi (intinya aku foto2 dan bikin caption, upload, balas2 komen kalo ada, etc) dan juga sebagai waitress seminggu dua kali. Karena SUSH ini takeaway shop, jadi aku ga perlu mondar mandi banget kyk di restoran. Cukup berdiri manis dan nunggu customer datang, terus take order dan bungkus sushinya deh. Seru deh! Tapi cukup capek sih karena seharian harus super friendly. Kalo lagi sepi, aku bantu bersih2 atau foto2 untuk keperluan Instagram. Untungnya gaji dari part time ini bisa nutupin keperluan hidup aku disini. Fiuh! Jadi ga perlu merogoh tabungan rupiah aku.

Terus, karena tinggal disini tuh damai banget ya, viewnya bagus, tenang, ga ada klakson, ga ada orang kepo (hehe), aku merasa jadi lebih kreatif apa gimana – entahlah. Tiba2 kepikiran mau bisnis jualan eco friendly products. Karena disini aku jadi belajar ngurangin sampah dll juga sih. Jadi, lahirlah @ekko.store tanggal 31 Agustus 2018 lalu! Belum sebulan yah ternyata, perasaan udah lama.

Temen sekelasku ada satu yang dari Cina, ngomong : “Kamu pasti karena mau ngejer PR (permanent residence) kan! Kan di Tassie lebih mudah”

Me : “Hah? Belum kepikiran sih.”

Dia : “Udah jangan bohong. Kalo ga ngapain daftar sekolah disini?”

Me : . . .

Udah lah males jawabnya hahaha.

Eh btw ini view dari kelas aku!!

Yah kalo buat aku sih, kalo emang setelah dijalanin dan ternyata betah tinggal disini dan mau tinggal jangka panjang, boleh lah coba apply PR nantinya. Tapi yaampun ini juga baru sekolah 2 bulan. Totalnya 2 tahun, aku belum mikirin lah, yang penting mau belajar dulu.

Eh btw sekolahnya seru sih menurutku. Seminggu cuma sekolah 2 hari!! Hahaha nyantai banget. Term pertama (3 bulan) belajar teori tok. Tapi teori2nya berguna, kyk belajar tentang food safety and hygiene, cara nyimpen bahan2 masakan yang bener gimana, dll. Banyak deh yang aku ga tau sebelumnya. Ga tau kenapa banyak orang di kelasku yang selalu ngantuk dan mengeluh dan ketiduran LOL. (Mungkin karena emang cuma untuk visa yeeeee, ga bener2 niat belajar yeeee? Oops)

Eh minggu depan aku libur 2 minggu! Kayaknya mau jalan2 sambil camping (kayaknya). Berhubung udah spring ga sedingin bulan lalu (walau masih dingin sih). Pingin ke Cradle Mountain sih, terus…. ga tau deh mari kita lihat nanti. Tapi aku tetep kerja di sushi takeaway shop itu 2 hari seminggu (Sabtu dan Senin), jadi paling Selasa – Rabu gitu aku dan Fred pergi camping? We’ll see!

Housemateku punya tenda yang bagus! Merk Kathmandu jadi aku bisa pinjem. Mereka bahkan punya matras gitu. Mungkin aku dan Fred perlu beli sleeping bag… Dan kompor kecil. Atau… kalo ga betah tidur di tenda, yaudah pulang lagi hahaha! Nyetir 3 jam juga udah nyampe rumah sih sebenarnya.

Tadaaaa!!!

Eh terus yahhhh, aku bikin bakso beberapa hari yang lalu, dan berhasil!!! Ini percobaan yang ke-5 gila. Percobaan 1-4 gagal pooool. Sampe trauma denger kata “bikin bakso”. Tapi untung aku coba lagi, akhirnya tau tips and trick nya gimana biar berhasil. Btw aku ga punya food processor, makanya agak ribet dan gagal mulu. Tapi kali ini aku udah tau caranya hohoho! Kapan2 aku share deh resep dan cara2nya di blog.

Eh jadi ngelindur.

Yak jadi kalo ada yang nanya kenapa Tasmania? Karena pingin roadtrip sih awalnya, terus kepincut. Udah gitu aja. Sisanya mengalir begitu saja, termasuk tiba2 sekolah disini~ Hahaha. Begitulah hidup kalo dibawa santai.

Udahan yah, lain kali aku cerita2 lagi! Luv luv! ❤

Iklan

23 pemikiran pada “Kenapa Tasmania? (Plus Curhatan Random)

  1. Sharon, salut! Niat bangeeet masak sehari 3x. 😮 Aku masak paling seminggu 2-3x, cooking in bulk dan sekali masak bisa langsung 3 menu krn aku males masak tiap hari hahaa. Hemat waktu banget dan ga ribet pas weekdays 😀

      1. Yang paling sering sih chili con carne, curry (anything), stir fry, sama pasta bake. Gampang dan cepet bikinnya, jadinya pun langsung banyak. Kadang aku bikin semur daging atau ayam panggang in bulk, tapi jarang bgt krn cowoku vegetarian jadinya suka eneg ngabisin menu daging sendiri hahaa.

  2. Come to the west!😍 Btw, rajin amaaat masak 3x sehari?? Aku aza dengan 2 anak cuma sekali sehari, tapi kadang aku masak in bulk trus di freeze. Trus juga we don’t mind left overs so biasanya kl weekend, left overs on the menu😛😛
    Have you been to Binalong Bay? It’s so nice there. Also, Bicheno and Launceston, just an idea👌🏻

    1. Hahaha gatau nih lg kumat, maklum br nyicip kehidupan dan supermarket disini kan jd rajin masak 🤪 tp aku jg mau coba masak in bulk ahhh biar ga rempong.

      Belom nih!! 😍 Ok thank youuu! I got two weeks to spent yay

  3. Kamu keliatan bahagia bgt shar, asik ya klo udah betah dengan lingkungan baru, apalagi sampai ikut sekolah. Ditunggu ya resep resep *yg mudahnya* biar bisa ketularan masak kayak kamu juga 😆

    1. Haha iya Nugi. Tertarik WHV juga? 😀 😀
      Aku cuma pernah cobain kereta di Sydney wah gila sih bagus bgt.
      Di Tassie ga ada kereta ktnya sejak th berapa gitu, gara2 orangnya terlalu sedikit hahaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s